Sabtu, 02 Juli 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Datang ke Jatim, Ganjar Sabet Anugerah Meritokrasi 2021

Berita Terkait

MERIT SYSTEM: Ganjar Pranowo, Jateng sambet Anugerah Meritokrasi 2021 kategori sangat baik. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH.
MERIT SYSTEM: Ganjar Pranowo, Jateng sabet Anugerah Meritokrasi 2021 kategori sangat baik. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH.

- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo datang ke Jatim untuk menerima Anugerah Meritokrasi 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kategori instansi pemerintah provinsi/kota/kabupaten sangat baik. Penghargaan diterima di The Westin Grand Ballroom, Surabaya, Selasa (7/12/2021).

Di kategori ini, Jateng yang mengumpulkan 335.5 poin bahkan mengalahkan Jatim (332 poin) — provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Jateng hanya kalah dari Pemprov Sulawesi Selatan (340.5 poin).

Usai menerima penghargaan, Ganjar menuturkan ajang Anugerah Meritokrasi tersebut bisa menjadi pemicu buat pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota untuk menerapkan merit system.

“Kasih kesempatan mereka yang kredibel, berintegritas, kompeten untuk duduk. Tidak lagi kita memikirkan soal like and dislike. Intervensi politik sering kali muncul, karena cerita balas jasa. Nah, merit system ini kita dorong agar mengurangi cerita balas jasa,” paparnya.

“Meskipun saya sampaikan, boleh enggak kepala daerah mengintervensi untuk memilih mereka ya dimaui? Boleh, tapi ada frame-nya. Frame-nya inilah yang disiapkan,” tandas gubernur yang juga kader PDI Perjuangan itu.

Bagi Ganjar, ukurannya yakni memberikan ruang agar mereka bisa duduk dalam jabatan yang sesuai dan salah satu syaratnya adalah berintegritas.

“Integritas itu nomor satu. Dia kerjanya sungguh-sungguh, bersih, di dalam pikirannya itu tidak ada orang akan mengambil milik orang lain atau milik negara, itu penting,” katanya.

Kedua, kompetensi. Kalau kompetensinya kurang sebenarnya bisa dilatih, maka meritokrasi system yang disampaikan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah baik.

“Tinggal KASN menjadi wasit yang baik, juga menjadi konsultan yang baik agar komunikasinya berjalan. Kalau itu tidak dilakukan, maka ya terlambat,” ucapnya.

» Baca Berita Terkait Ganjar Pranowo

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -