Senin, 04 Juli 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Anugerah Meritokrasi: Jatim Kalah dari Sulsel dan Jateng!

Berita Terkait

TIGA BESAR: Anugerah Meritokrasi 2021 kategori provinsi/kota/kab sangat baik (kiri) Sulsel, Jateng, dan Jatim. | Foto/Sumber: KASN RI
TIGA BESAR: Anugerah Meritokrasi 2021 kategori provinsi/kota/kab sangat baik (kiri) Sulsel, Jateng, dan Jatim. | Foto/Sumber: KASN RI
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pemprov Jawa Timur harus puas di posisi ketiga Anugerah Meritokrasi 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kategori instansi pemerintah provinsi/kota/kabupaten sangat baik. Penghargaan diberikan di The Westin Grand Ballroom, Surabaya, Selasa (7/12/2021).

Provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa itu mengumpulkan 332 poin, masih kalah dari Pemprov Jawa Tengah yang dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo dengan 335.5 poin. Juara di kategori ini diraih Pemprov Sulawesi Selatan yang dipimpin Plt Gubernur Gubernur Andi Sudirman dengan 340.5 poin.

Sedangkan posisi 4 hingga 10, masing-masing ditempati Pemprov Bali (330 poin), Pemkot Bogor (335.5), Pemkab Sinjai (334.5), Pemkab Wajo (333), Pemkab Karawang (329.5), Pemkab Sumedang (328.5), dan Pemkot Pekanbaru (325.5).

Ketua KASN, Agus Pramusinto menuturkan, keberhasilan instansi pemerintah dalam mencapai penerapan sistem merit kategori baik dan sangat baik, merupakan buah kerja keras dan komitmen seluruh jajaran di instansi pemerintah dalam memperbaiki manajemen ASN.

Dia juga mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap seluruh instansi pemerintah, yang telah berkomitmen untuk menerapkan sistem merit serta ikut dalam penilaian penerapan sistem merit.

“Kami berharap pula agar prestasi kali ini menjadi pemicu untuk perbaikan yang berkelanjutan dalam manajemen ASN di instansi pemerintah,” katanya.

Di tengah keberhasilan tersebut, Agus menyatakan akan tetap konsisten mempercepat implementasi sistem merit melalui penguatan pengawasan, asistensi, kolaborasi, serta kerja sama dengan lebih banyak instansi pemerintah demi mendorong perbaikan manajemen ASN secara berkelanjutan.

Hadirnya Anugerah Meritokrasi, diharapkan Agus dapat memotivasi lebih banyak instansi pemerintah untuk berkomitmen menerapkan sistem merit dengan lebih baik.

Jadi Motivasi Jatim

UNTUK JATIM: Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak menerima Anugerah Meritokrasi 2021 dari KASN. | Foto: KASN RI
UNTUK JATIM: Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak (tengah) menerima Anugerah Meritokrasi 2021 dari KASN. | Foto: KASN RI

Sementara Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak menyambut baik pelaksanaan Anugerah Meritokrasi di Kota Pahlawan. Hal itu menurutnya menjadi sebuah kebanggaan, karena Jatim menjadi salah satu instansi yang mendapatkan penghargaan sistem merit kategori sangat baik.

“Tentu kami berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi dalam transformasi tata kelola pemerintahan yang saat ini telah kita lakukan melalui penyempurnaan terhadap talent pool, rencana suksesi, dan telah memiliki kebijakan pola karier instansi juga penyederhanaan organisasi,” paparnya.

Wagub berharap, ke depannya penerima penghargaan Anugerah Meritokrasi akan makin bertambah banyak di pemerintah kabupaten/Kota se-Jatim.

Sebagai informasi, sejak 2019 hingga penghujung 2021 KASN tercatat telah menilai 347 instansi pemerintah. Dari jumlah tersebut, 106 instansi telah mendapatkan kategori baik dan 46 lainnya mendapatkan kategori sangat baik.

Pada 2024 mendatang, KASN menargetkan 100 persen kementerian/lembaga, 85 persen Pemprov, dan 30 persen kabupaten/kota mendapatkan kategori minimal baik penerapan sistem merit.

SULSEL JUARA: Anugerah Meritokrasi 2021 Pemprov, Pemkot, dan Pemkab kategori sangat baik. | Foto/Sumber: KASN RI
SULSEL JUARA: Anugerah Meritokrasi 2021 Pemprov, Pemkot, dan Pemkab kategori sangat baik. | Foto/Sumber: KASN RI

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -