Batal dengan PDIP, Ketua PKB Blitar Pilih Anak Eks Wali Kota

PILWALI BLITAR: Yasin Hermanto, siap dampingi Henry Pradipta di Pilwali Blitar 2020. | Foto: Barometerjatim.com/MURTAFI'AN
PILWALI BLITAR: Yasin Hermanto, siap dampingi Henry Pradipta di Pilwali Blitar 2020. | Foto: Barometerjatim.com/MURTAFI’AN

BLITAR, Barometerjatim.com – Batal koalisi dengan PDIP, DPC PKB menyiapkan duet Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto di Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota (Pilwali) Blitar 2020.

Henry merupakan anak sulung mantan Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar yang diberhentikan Mendagri dengan tidak hormat karena tersangkut korupsi. Sedangkan Yasin adalah ketua DPC PKB Kota Blitar.

Yasin tak memungkiri kalau dirinya siap mendampingi Henry di Pilwali 2020 dan berharap DPP PKB menurunkan rekomendasi.

“Itu dinamika. Maksudnya dari pihak kami (PKB), memang harus selalu menyiapkan diri sambil menunggu rekom turun. Kami yang ada di daerah harus menyiapkan diri,” katanya, Minggu (14/6/2020).

“Ya doakan saja, mudah-mudahan rekom dari sana, dari Allah Swt, diturunkan ke Mas Henry dan saya,” sambung Yasin.

Sementara terkait komunikasi yang sempat terbangun dengan PDIP, Yasin mengungkap kalau dirinya pernah disiapkan koalisi DPC PDIP, PKB dan PPP untuk mendampingi Syahrul Alim yang juga ketua DPC PDIP Kota Blitar.

Namun karena komunikasi antara DPC PKB dan PDIP Kota Blitar macet, maka PKB pindah haluan untuk memilih kandidat lain yakni Henry.

“Waktu itu saya dipanggil, dr Syahrul dipanggil. (Bakal calon) wali kotanya dr Syahrul, wakilnya Saya dan PPP mengamini,” kata Yasin.

“Karena berjalannya waktu politik kan selalu berubah-ubah. PDIP mendapat 10 kursi DPRD, mau berangkat sendiri, mau menggandeng siapa, kan bisa,” sambungnya.

Setelah berkoordinasi dengan DPW PKB Jatim dan DPP, lanjut Yasin, lantas diambil sikap untuk Pilwali Blitar 2020 PKB akan membangun koalisi dengan parta-partai lain di luar PDIP. murtafi’an

» Baca Berita Terkait Pilkada 2020