Bara JP Hasil KLB Surabaya Siap ‘Bertarung’ di Kemenkumham

KLAIM KLB SURABAYA SAH: Gianto Wijaya, Bara JP hasi KLB siap 'bertarung' di Kemenkumham. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
KLAIM KLB SURABAYA SAH: Gianto Wijaya, Bara JP hasi KLB siap ‘bertarung’ di Kemenkumham. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Barisan Relawan Jokowi Presiden/Barisan Relawan Jalan Perubahan (Bara JP) terbelah. Satu kubu menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Surabaya dan menghasilkan ketua umum baru Gianto Wijaya, sementara di kubu Plt Ketum, Utje Gustaaf Patty akan menggelar Rapimnas, 29 September 2021.

Jika akhirnya kubu Utje menggelar KLB dan juga menghasilkan ketua umum baru, siapkah kubu KLB Surabaya ‘bertarung’ di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk mendapatkan pengesahan?

“Ya!” tegas Ketua Panitia KLB Surabaya yang juga Ketua DPD Bara JP Papua, Diben Elaby usai KLB di Hotel Wyndham Surabaya, Minggu (26/9/2021) dini hari. “Kalau terpaksa,” timpal Gianto, sembari menambahkan pihaknya akan secepat mungkin ke Kemenkumham untuk mendapatkan pengesahan.

Tak hanya di Kemenkumham, Gianto juga siap jika akhirnya ada gugatan hukum di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). “Monggo (silakan),” ucapnya. “Kita juga tidak ada masalah di sana (kubu Utje). Biar nanti berjalan sesuai proses saja, enggak perlu ada yang dikhawatirkan,” tandasnya.

Gianto tak mempermasalahkan kubu Utje menggelar Rapimnas, karena baginya mereka semua adalah keluarga Bara JP. “Jadi kita tidak bersikap apapun. Kita silakan saja lakukan sesuai yang mereka ingin lakukan, enggak ada masalah itu,” ujarnya.

“Jadi kita dari KLB surabaya ini menekankan, silakan teman-teman yang di sana melakukan (Rapimnas dan KLB). Tidak masalah buat kita, mereka tetap teman-teman kita, saudara-saudara kita. Kita tidak akan bersikap apa pun, mengeluarkan statemen apa pun. Kita tetap merangkul semua,” jelasnya.

Gianto juga berharap seluruh keluarga Bara JP bisa kembali berangkulan seperti dulu. “Bersama-sama, karena saya tidak ingin sekali adanya perpecahan, semoga,” harap Gianto.

Seperti diberitakan, Gianto terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum DPP Bara JP lewat KLB di Surabaya. KLB digelar pasca ketua umum sebelumnya, Viktor S Sirait meninggal dunia dan Sekretaris Umum Yayong Waryono mengundurkan diri.

» Baca Berita Terkait Bara JP