Anggarkan Pilwali Surabaya Rp 85,1 M, DPRD Akan Panggil KPU

DANA APBD: Adi Sutarwijono (kiri) dan Nur Syamsi, Pilwali Surabaya dianggarkan Rp 85,1 miliar. | Foto: IST
DANA APBD: Adi Sutarwijono (kiri) dan Nur Syamsi, Pilwali Surabaya 2020 dianggarkan Rp 85,1 miliar. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – KPU Surabaya mengajukan anggaran Pilwali 2020 sebesar Rp 85,1 miliar. Terkait hal itu, DPRD Surabaya akan mengundang para komisioner yang baru dilantik tersebut untuk melakukan pembahasan sekaligus berkenalan.

“Kami ingin berkenalan dengan para komisioner, selain juga membahas Pilkada Kota Surabaya tahun depan,” kata Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono, Jumat (14/6/2019).

DPRD, lanjut pria yang akrab disapa Awi itu, juga akan membahasnya secara detail dengan Pemkot Surabaya. “Kami ingin memastikan dari sisi anggaran, agar Pilkada Kota Surabaya tahun depan berjalan lancar,” ucapnya.

Awi menyebut, forum pembahasan untuk anggaran Pilwali Surabaya 2020 akan dilakukan dalam Perubahan APBD 2019 dan penyusunan APBD murni 2020.

“Semoga KPU Kota Surabaya dapat bekerja dengan baik, profesional dan netral untuk menyelenggarakan Pilkada 2020,” tandas politikus PDIP tersebut.

Sebelumnya, KPU Surabaya menyatakan telah mengajukan anggaran ke Pemkot Surabaya untuk Pilwali 2020, awal Juni lalu.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Pemkot terkait persiapan anggaran, karena memang Pilkada itu didanai murni dari APBD,” ucap Komisioner KPU Surabaya, Nur Syamsi, Kamis (13/6/2019).

Usulan anggaran harus segera diajukan, kata Syamsi, karena Pilwali Surabaya akan digelar pada September 2020 dan bisa dibahas dalam PAK 2019 serta APBD 2020.

Sementara tahapan Pilkada serentak, akan disusun KPU RI bulan ini atau paling lambat bulan depan. Penyusunan dimulai dari tahapan pemutakhiran data pemilih, kampanye, hingga pemungutan suara.

Setelah itu, KPU kabupaten dan kota akan menindaklanjutinya di tingkat kabupaten kota. September 2019, baru di-launching satu tahun menjelang pemungutan suara.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya