Ada Kiai Rouf, Calon dari NU Bukan Hanya Kartika Hidayati

PASANGAN SOLUTIP: Gerindra mengusung pasangan Yuhronur-Rouf di Pilbup Lamongan 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PASANGAN SOLUTIP: Gerindra mengusung pasangan Yuhronur-Rouf di Pilbup Lamongan 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Kartika Hidayati bukan satu-satunya calon dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) di Pilbup Lamongan 2020. Sebab ada calon lain yang tak kalah “hijau”, yakni KH Abdul Rouf.

Jika di struktural Banom NU Kartika menjabat ketua PC Muslimat NU Lamongan, Kiai Rauf berproses di NU sejak IPNU, pengurus NU, serta ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Lamongan.

“Abdul Rouf adalah figur yang dididik dan dibesarkan dalam organisasi NU sejak masih belia,” terang Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad, Kamis (27/8/2020) malam.

Ketokohan Kiai Rouf yang dimatangkan di dalam organisasi NU, lanjut Sadad yang masih keluarga Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, menjadi modal dalam mengoptimalkan partisipasi masyarakat membangun Lamongan.

Pun Yuhronur Efendi, bakal calon bupati yang akan didampingi Kiai Rauf. “Yuhronur memiliki jalur kekerabatan dengan keluarga besar tokoh NU, almarhum KH Maimoen Zubair Rembang, Jateng,” jelas Sadad.

Kapasites Yuhronur makin komplet, karena dia adalah birokrat tulen — jabatan terakhir di Pemkab Lamongan sebagai Sekdakab. Pengalamannya sebagai teknokrat menjadi amat penting.

“Bagi Gerindra paslon Yuhronur-Rouf pasangan ideal, karena menggabungkan dua elemen penting yang dibutuhkan dalam mengelola pemerintahan daerah,” katanya.

“Seperti kata Bu Tedjo, ini pasangan calon yang solutip,” imbuh Sadad sambil tersenyum, mengutip improvisasi dialog Siti Fauziah, pemeran Bu Tejo dalam film pendek “Tilik” yang sedang viral dan tersebar menjadi meme di media sosial.

Selain Gerindra (4), duet Yuhronur-Rouf juga bakal diusung PAN (7 kursi), Golkar (6), PPP, (3) Perindo (1), Demokrat (9), dan Hanura (1) atau total 31 kursi di DPRD Lamongan.

Sedangkan Kartika yang berduet dengan Sa’im, diusung koalisi PKB (10) dan PDIP (8). Satu lagi pasangan dari jalur perseorangan atau independen, Suhandoyo- Muhammad Su’udin.

» Baca Berita Terkait Pilbup Lamongan