8 Caketum IKA Unair Ditetapkan, Nih Pesaing Kuat Khofifah!

REKOM TERBANYAK: Khofifah dan Indra Nur Fauzi, dua Caketum IKA Unair dengan rekomendasi terbanyak. | Foto: Barometerjatim.com/IST
REKOM TERBANYAK: Khofifah dan Indra Nur Fauzi, dua Caketum IKA Unair dengan rekomendasi terbanyak. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Delapan kandidat ditetapkan sebagai Calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Surabaya periode 2021-2025. Mereka akan berkontestasi lewat arena Kongres X di Airlangga Convention Center, Sabtu, 3 Juli 2021.

“Ada delapan orang calon yang diusulkan komisariat, wilayah, dan cabang. Telah dilakukan validasi oleh panitia pengarah, steering committee, selama dua hari berturut-turut, pada 16 sampai dengan 18 Juni 2021,” ujar Sekjen IKA Unair, Budi Widajanto di Ruang Amerta  Kantor Manajemen Unair, Sabtu (19/6/2021).

Kedelapan calon yakni Abdul Kadir Jailani, Dimas Oky Nugroho, Prof Hendy Hendarto, Indra Nur Fauzi, Khofifah Indar Parawansa, Kohar Hari Santoso, Moh Adib Khumaidi, dan Paulus Totok Lucida.

Lantas, siapa calon terkuat? Merujuk rekomendasi pencalonan, bisa dibilang Khofifah calon terkuat karena mengantongi lima rekomendasi. Namun di arena Kongres apapun bisa terjadi, mengingat tujuh calon lainnya juga pesaing kuat.

Terlebih Khofifah masih harus bersaing dengan salah satu kandidat yang mengantongi empat rekomendasi, yakni Indra Nur Fauzi, alumnus Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB’ 94).

Selama ini Indra memang nyaris tak terdengar, namun dukungan yang diperoleh ternyata cukup tinggi. Bahkan hanya selisih satu rekom dengan Khofifah. Alhasil, Khofifah dan Indra menjadi dua calon yang mempunyai dukungan terbanyak.

Lima rekomendasi Khofifah diperoleh dari 2 komisariat fakultas, 1 pengurus wilayah, dan 2 pengurus cabang. Sedangkan Indra diusung 2 komisariat fakultas dan 2 pengurus wilayah.

Berdasarkan data yang dirangkum Barometerjatim.com, Indra merupakan alumni muda yang mempunyai latar belakang pengusaha di bidang data riset, bank, dan investasi.

Aktivis sejak mahasiswa, lebih sepuluh tahun bergelut mengurusi organisasi alumni, meski sempat tidak aktif di satu periode terakhir. Selain itu, aktif dalam berbagai organisasi sosial kemasyarakatan dan organisasi bisnis.

Sementara Khofifah jelas populer. Sebagai gubernur Jatim dia mempunyai pengalaman sangat panjang di dunia politik, serta dua kali menjadi menteri masing-masing di era Presiden KH Abdurrahman Wahid dan Joko Widodo.

Seperti diketahui, Khofifah menyatakan bersedia maju sebagai Caketum IKA Unair lantaran didorong sejumlah alumni. Dia juga memastikan niatnya ini tidak ada kaitannya dengan pemerintah provinsi.

“Jadi itu temen-temen (sejumlah alumni Unair) waktu itu. Malam itu mereka ngumpul. Bu, ini kurang berapa jam. Ya  rek bismillah, gitu, tak tandatangani. Ya sudah isi formulir rek. Jadi sudah ada formulir dan bermaterai,” katanya.

SIAPA PALING BERPELUANG?: Inilah delapan calon ketua umum IKA Universitas Airlangga periode 2021-2025. | Foto: IST
SIAPA PALING BERPELUANG?: Inilah delapan calon ketua umum IKA Universitas Airlangga periode 2021-2025. | Foto: IST

» Baca Berita Terkait Unair