500 Muslim Berpengaruh di Dunia, Eh.. Ada Nama Khofifah!

MUSLIM BERPENGARUH: Presiden Jokowi dan Kiai Said masuk The Top 50 muslim yang paling berpengaruh. | Foto: RISSC
MUSLIM BERPENGARUH: Presiden Jokowi dan Kiai Said masuk The Top 50 muslim yang paling berpengaruh. | Foto: RISSC

SURABAYA, Barometerjatim.com – The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) yang berkantor pusat di Amman, Yordania, kembali mengeluarkan publikasi tahunan The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims.

Di buku edisi 2022 tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ditetapkan sebagai salah seorang dari muslim berpengaruh di dunia, masuk The Top 50 di urutan ke-13.

Secara spesifik, buku ini menyoroti Jokowi yang mampu mempromosikan citra politikus sukses dan “bersih” hingga budaya blusukan.

“Presiden Widodo, dikenal dengan kunjungan mendadak untuk melihat dan mendengar secara langsung dari komunitas lokal,” tulis buku tersebut.

“Ini memberikannya kesempatan untuk mendengar keluhan dan kritikan masyarakat secara langsung, sekaligus mengembangkan kedekatan personal yang kuat dengan publik,” imbuhnya.

Selain Jokowi, tokoh muslim Indonesia lainnya yang masuk di The Top 50 yakni Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj di urutan ke-22, disusul Rais Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah (Jatman) Habib Luthfi bin Yahya di posisi ke-32.

Selebihnya, di buku setebal 291 halaman itu total terdapat 24 nama dari Indonesia. Empat di antaranya penulis sastra, yakni KH Mustofa Bisri (Scholarly Category), Goenawan Muhammad (Media Category), Helvy Tiana Rosa dan Asma Nadia (Arts and Culture Category).

Nama baru yang muncul yakni Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa untuk kategori politikus muslim berpengaruh (Political Category). Khofifah dinarasikan selain sebagai gubernur Jatim juga pernah menjabat sebagai wakil ketua DPR RI dan menteri sosial.

Khofifah disebut sebagai pendukung kuat persatuan antaragama serta memimpin Muslimat NU, sebuah organisasi perempuan yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU), serta memiliki dua juta pengikut di media sosial dan dianggap sebagai calon presiden untuk 2024.

Di kategori ini Khofifah tak sendirian dari Indonesia. Ada dua tokoh lainnya yang masuk daftar, yakni Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Sedangkan di Administration of Religious Affairs Category, ada empat tokoh Indonesia yang masuk. Yakni Rais Aam PBNU yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Miftachul Akhyar; Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin; Ketua Umum PP Muhammadiyah, KH Haedar Nashir; serta Katim Aam PBNU, KH Yahya Cholil Staquf.

Muslimah-Muslim Tahun Ini

KATEGORI POLITIK: Nama Khofifah muncul sebagai tokoh muslim berpengaruh bersama Prabowo dan Megawati. | Foto: IST
KATEGORI POLITIK: Nama Khofifah muncul sebagai tokoh muslim berpengaruh bersama Prabowo dan Megawati. | Foto: IST

Sementara itu Muslimah Tahun Ini (Women of The Year) disematkan pada Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hassan dan Muslim Tahun Ini (Man of The Year) diberikan pada ilmuwan berdarah Turki-Jerman, Ugur Sahin.

Samia merupakan muslimah pertama yang menjadi presiden di negara Afrika Timur tersebut. Dia juga satu dari dua wanita yang saat ini menjabat sebagai presiden negara di Afrika dan presiden muslim ketiga Tanzania.

Dalam buku The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims 2022, RISSC menarasikan Samia telah ‘membungkam’ beberapa pengkritiknya dengan memimpin penanganan Covid-19 di negaranya.

Sedangkan Sahin dinilai berhasil mengembangkan vaksin Covid-19 bersama istrinya, Ozlem Tureci. Lebih dari satu miliar dosis vaksin yang memanfaatkan teknologi mRNA mutakhir kini telah didistribusikan ke seluruh dunia.

Terlepas dari kesuksesannya, RISSC menyebut Sahin tetap rendah hati dan mendesak agar vaksinnya dibagikan secara adil ke seluruh dunia.

PERSON OF THE YEAR 2022: Muslimah Samia Suluhu Hassan (kiri) dan muslim Ugur Sahin bersama istri. | Foto: RISSC
PERSON OF THE YEAR 2022: Muslimah Samia Suluhu Hassan (kiri) dan muslim Ugur Sahin bersama istri. | Foto: RISSC

» Baca Berita Terkait Khofifah