1,9 Km Lagi, 1,3 Juta Warga Jatim Bakal Teraliri Air Umbulan

HAMPIR KELAR: Soft launching SPAM Umbulan di offtake Porong, Sidoarjo, Minggu (22/12) sore. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
UMBULAN: Soft launching SPAM Umbulan di offtake Porong, Sidoarjo, Minggu (22/12) sore. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Tiga pekan lagi, 1,3 juta warga Jatim di lima wilayah — Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik — bakal menikmati air layak minum dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan.

Saat ini, proses pipanisasi tinggal 1,9 Km di wilayah Surabaya barat dari total 93,7 Km yang membentang mulai Kabupaten Pasuruan hingga Kabupaten Gresik.

“Mudah-mudahan tiga minggu lagi, 1,9 Km pipa yang belum terpasang itu bisa kita selesaikan,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa usai soft launching SPAM Umbulan di offtake Porong, Sidoarjo, Minggu (22/12/2019) sore.

1,9 Km tersebut, lanjut Khofifah, sempat terkendala untuk masuk ke area tertentu di Surabaya barat. Tapi 10 Desember lalu proses negosiasi sudah selesai, kini tinggal proses konstruksi pipanisasi.

“Kalau Gresik sudah selesai 100 persen. Jadi kira-kira ini selesai 1,9 KM lagi, maka 93,7 KM sudah tersambungkan semua,” tandas gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Setelah proses pipanisasi kelar, air Umbulan yang layak minum dengan kapasitas produksi 4.000 liter per detik akan segera mengaliri 1,3 juta warga di lima kabupaten/kota tersebut.

“Harapan kita, ini akan bisa memaksimalkan proses untuk memberikan public service kepada masyarakat dari seluruh koneksitas yang sedang kita maksimlakan. Antara lain sekarang adalah SPAM Umbulan,” ujarnya.

Sementara untuk warga di Pasuruan, tempat sumber air, yang dulu banyak menggunakan akses semacam danau kini sudah selesai disiapkan konversi. Misalnya kalau mereka butuh untuk berenang.

“Itu sudah selesai. Jadi kita berharap semua akan berjalan dengan baik,” tandas mantan Menteri Sosial di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla tersebut.

» Baca Berita Terkait Khofifah, Pemprov Jatim