Yenny: Jokowi Dibesarkan Ibu yang Ikut Pengajian Muslimat NU

Jokowi menghadiri Harlah ke-73 Muslimat NU di GBK Jakarta. | Foto: Barometerjatim.com/natha lintang

JAKARTA, Barometerjatim.com – Ketua Panitia Harlah ke-73 Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid mempertegas keislaman serta ke-NU-an Presiden yang juga Capres petahana, Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu sekaligus menepis tudingan negatif yang selama ini dialamatkan kepada presiden kelahiran Solo tersebut. Mulai antiulama hingga keluarganya terlibat organisasi terlarang.

“Saya dapat laporan dari pengurus Muslimat NU Solo, juga informasi dari rais syuriyah PCNU Solo. Beliau bilang, Kiai Ghozali itu kiainya ibunda Pak Jokowi,” tutur Yenny di di Jakarta, Senin (28/1).

Penegasan serupa disampaikan Yenny saat memberi sambutan pada Harlah ke-73 Muslimat NU di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Minggu (27/1).

Semula, putri Presiden ke-4 RI, mendiang KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu menyebut mungkin tak sedikit dari tamu undangan yang dibesarkan ibu-ibu Muslimat NU.

“Pak Menteri Agama (Lukman Hakim Saifuddin), ibunya ikut memanggul senjata melawan pejajah bersama ibu-ibu pejuang lainnya dari Muslimat NU,” katanya.

“Bapak Presiden kita, jelas! Ibunya dari dulu sampai sekarang ikut pengajian Muslimat NU di Solo. Makanya enggak heran kalau presiden begitu fasih ikut bernyanyi syubbanul wathon tadi bersama kita semua,” sambungnya yang disambut aplaus 100 ribu lebih warga Muslimat NU yang memadati GBK.

Ketua V PP Muslimat NU itu bahkan mempersilakan untuk memastikan kebenaran informasinya tersebut, dengan menghubungi rais syuriyah PCNU Solo atau ketua Muslimat NU Solo.

Yenny menambahkan, secara organisasi ibunda Jokowi memang bukan anggota Muslimat NU. Tapi kalau rutin ikut pengajian Muslimat NU, maka secara kultur pasti termasuk warga Muslimat NU.

“NU dan Muslimat itu unik. Tidak semua orang resmi masuk organisasi atau memiliki kartu anggota, tapi kalau sudah ikut pengajian NU ya mereka pasti NU,” katanya sembari tersenyum.

Sementara Jokowi usai menghadiri Harlah ke-73 Muslimat NU saat ditanya soal pernyataan Yenny tersebut hanya menjawab singkat, “Ya ditanyakan saja ke Solo sana. He..he..” katanya. •

» Baca Berita Terkait Yenny Wahid, Muslimat NU