Yayasan Rumah Kita Bantu 3 Ventilator Lewat Pemprov Jatim

SEMANGATI TENAGA MEDIS: Khofifah tinjau bantuan alat kesehatan dari Yayasan Rumah Kita. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SEMANGATI TENAGA MEDIS: Khofifah tinjau bantuan alat kesehatan dari Yayasan Rumah Kita. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Dukungan untuk kinerja tenaga medis dalam melawan Corona (Covid-19) terus mengalir. Kali ini Yayasan Rumah Kita menyumbang tiga unit ventilator atau alat bantu pernapasan yang diserahkan lewat Pemprov Jatim.

Bantuan diterima Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Subhan Wahyudiono dan disaksikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di teras Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (21/5/2020).

“Lewat bantuan alat ini, Yayasan Rumah Kita hadir didukung Sampoerna untuk Indonesia, memberikan motivasi dan semangat bagi para tenaga medis,” kata Direktur Yayasan Rumah Kita, Andrianus saat menyerahkan bantuan.

Harus diakui, lanjut Andrianus, tenaga medis menjadi garda terdepan dalam melawan pandemi Covid-19 dengan berbagai risiko yang dihadapi, termasuk kematian.

“Kami bertekad untuk terus menyemangati dengan berbagai upaya, salah satunya memberikan dukungan berupa bantuan alat kesehatan di Jatim,” tandasnya.

Selain ventilator, Yayasan Rumah Kita juga menyumbang full set APD (100 pcs), baju hazmat (1.000 pcs), face shield (300 pcs) dan masker kain (5.000 pcs).

Andrianus menambahkan, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, Yayasan Rumah Kita  mengambil tema gerak bersama melawan Covid-19 yang tidak terlihat wujudnya.

“Hal ini hanya bisa ditangani dengan gerak bersama. Bukan digantungkan kepada tenaga medis saja, tapi semua elemen harus ikut bergerak bersama. Seperti yang selama ini dikatakan oleh gubernur Jatim, yakni gotong royong melawan Covid-19,” paparnya.

Adrianus menjelaskan, bantuan ini akan diberikan secara berkelanjutan. Saat ini masih terfokus kepada tenaga medis sebagai garda terdepan.

“Yang kami pikirkan selanjutnya adalah menyiapkan bantuan berupa alat rapid test dan PCR. Karena hal ini merupakan bagian penting dalam penangan an penyebaran covid-19,” tegasnya.

Distribusi ke RS Rujukan

ALAT KESEHATAN: Penyerahan bantuan alat kesehatan dari Yayasan Rumah Kita. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
ALAT KESEHATAN: Penyerahan bantuan alat kesehatan dari Yayasan Rumah Kita. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Sementara itu Khofifah, di sela menerima kunjungan kerja Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mattalitii, mengucapkan terima kasih atas dukungan ventilator yang diperbantukan melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim.

Langkah ini, menurut perempuan yang juga ketua umum PP Muslimat NU tersebut, bentuk dari kegotongroyongan para dermawan. Selanjutnya, ventilator akan didistribusikan ke rumas sakit rujukan di Jatim yang jumlahnya 99 unit.

“Karena pasti yang sudah mengajukan permohonan lebih banyak. Kemarin kita, alhamdulillah, mendistribusikan 40 unit dan semuanya bantuan dari para donatur,” terang Khofifah.

“Kalau hari ini tambah tiga, saya sih menyerahkan kepada Pak Dokter Joni (Wahyuhadi) sebagai koordinator kuratif, beliau paling tahu peta rumah sakit mana yang membutuhkan,” tandasnya.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona, PSBB