Wakil Ketua DPRD Surabaya: Percepat Griya Werdha 3 Lantai!

PEDULI LANSIA: Laila Mufidah, minta Pemkot Surabaya percepat gedung Griya Werdha jadi tiga lantai. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PEDULI LANSIA: Laila Mufidah, minta Pemkot Surabaya percepat gedung Griya Werdha jadi tiga lantai. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Wakil Ketua DPRD Surabaya, Laila Mufidah tak memungkiri kalau fasilitas dan layanan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Griya Werdha Jambangan sudah cukup bagus dan representatif.

Namun legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menyadari, seiring waktu jumlah lansia penghuni bakal terus bertambah. Karena itu, dia mendorong percepatan pengembangan gedung Griya Werdha menjadi tiga lantai.

“Sudah ada rencana pengembangan Griya Werdha menjadi tiga lantai, ini tentu kabar baik. Saya mendorong untuk percepatan, sambil menunggu pandemi pulih,” katanya pada wartawan, Kamis (22/4/2021).

Saat ini, Griya Werdha masih satu lantai dengan tiga blok yang menampung 160 lansia. “Sekali lagi, saya mendorong untuk percepatan pembangunan gedung tiga lantai ini,” tandasnya.

Menurut Mufidah, siapa pun lansia yang ber-KTP Surabaya dan tidak memiliki  penyakit menular berhak atas hunian dan layanan di Griya Werdha.

“Lansia di Surabaya dijamin Pemkot Surabaya. Mulai permakanan bagi seluruh lansia MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) hingga fasilitas Griya Werdha yang representatif,” ucapnya.

Makanya pimpinan dewan meminta Pemkot Surabaya tidak memasukkan refocusing anggaran untuk sektor lansia. Semuanya, mulai permakanan hingga layanan di Griya Werdha harus berjalan normal.

Pimpinan dewan, lanjut Laila, juga akan memperjuangkan penganggaran untuk lansia. Setiap penganggaran di DPRD Surabaya, bakal memprioritaskan anggaran untuk kebutuhan lansia.

Bagaimana dengan kesehatan lansia di tengah pandemi Covid-19? Menurut Laila, selain mempercayakan penuh kepada UPTD, para lansia juga diminta tetap menjaga kebersihan.

Alhamdulilah, semua warga Griya Werdha sudah divaksin. Ini menambah daya tahan tubuh mereka di tengah pandemi,” katanya.

Sementara itu Kepala UPTD Griya Werdha, Septarti Hendartini menambahkan semua lansia penghuni griya memang harus terbebas dari Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Layanan UPTD Griya Werdha juga tak main-main, karena seluruh kebutuhan pokok, papan, dan sandang dipenuhi. Para lansia juga bisa mengaktualisasikan diri dengan menekuni keterampilan.

“Ada yang mahir menyulam. Kami juga isi kegiatan dengan membuat hand sanitizer dan masker,” ucap Septarti.

» Baca Berita Terkait DPRD Surabaya