Urusan Calon Wakil, Kartika Serahkan ke NU dan Para Kiai

MANUT NU DNA KIAI: Kartika Hidayati, serahkan urusan calon wakilnya ke NU dan kiai. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
IKUT NU: Kartika Hidayati, serahkan urusan calon wakilnya di Pilbup Lamongan ke NU. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Maju di Pilbup Lamongan, Kartika Hidayati tak pasang ‘harga mati’ siapa bakal calon wakil yang akan mendampinginya. Urusan pendamping akan diserahkan sepenuhnya ke Nahdlatul Ulama (NU) dan para kiai.

“Saya dengan siapapun bisa berkomunikasi. Artinya saya tidak menentukan harga mati siapa yang menjadi wakil saya, nanti akan saya serahkan kepada NU dan para kiai. Kan saya berangkat untuk itu,” katanya usai mengembalikan formulir penjaringan di kantor DPC PDIP Lamongan, Sabtu (14/9/2019).

Meski akan menyerahkan urusan calon wakil ke NU dan posisinya yang sebagai ketua PC Muslimat NU, Kartika menegaskan dirinya tidak akan melibatkan NU maupun Muslimat NU secara institusi untuk terlibat di Pilbup Lamongan.

“Tentu mereka tidak boleh menggunakan atribut, karena saya ngeman institusi kita. Banyak ini MWCNU, tapi mereka juga tidak menggunakan atribut NU,” katanya terkait keikutsertaan pengurus Muslimat NU yang mengantarkannya mengembalikan formulir.

Artinya apa, tandas Kartika, semua warga negara mempunyai hak yg sama di dalam berpolitik dan NU maupun Muslimat NU menghargai hal itu.

“Silakan jalan, tapi tidak menggunakan atribut. Makanya saya melarang satupun dari kawan-kawan jangan menggunakan atribut Muslimat NU. Itu penting, sehingga NU dan Muslimat NU secara institusi tidak boleh diseret kemana-mana,” jelasnya.

Lagi pula, tanpa membawa atribut sekalipun, kata Kartika, warga Muslimat NU sudah tahu kalau yang berangkat maju di Pilbup Lamongan adalah ibunya, pimpinannya.

Hal sama juga dilakukan Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa saat running di Pilgub Jatim 2018. Saat itu, Kartika dipesan agar tidak menggunakan atribut organisasi.

“Tapi ya ‘nyanyian’ kita sama. Saya berharap nyanyian yang sama itu selalu indah dan akan kita lanjutkan di Pilbup nanti,” tandas wakil ketua DPW PKB Jatim tersebut.

» Baca Berita Terkait Pilbup Lamongan, Kartika Hidayati