Ikut Penjaringan PDIP, Kartika Sebut Seizin Bupati dan PKB

PILBUP LAMONGAN: Kartika Hidayati mengembalikan formulir penjaringan PDIP. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
PILBUP LAMONGAN: Kartika Hidayati mengembalikan formulir penjaringan PDIP. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Wakil Bupati Lamongan yang juga kader PKB, Kartika Hidayati menyebut langkahnya mengikuti penjaringan Bacabup yang digelar PDIP seizin Bupati Fadeli dan Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar.

“Saya sudah pamitan sama Pak Bupati Fadeli dan Gus Halim untuk mengikuti tahapan yang digelar PDIP. Beliau negarawan, tentulah memberikan izin,” katanya usai mengembalikan formulir pendaftaran di kantor DPC PDIP Lamongan, Sabtu (14/9/2019).

Mengapa Kartika mengikuti penjaringan PDIP, bukankah PKB Lamongan memiliki sepuluh kursi yang artinya bisa mengusung pasangan calon sendiri?

“Tentu kita akan mendaftar semuanya. Alangkah indahnya kalau semua partai juga bersama-sama, melakukan seperti yang dilakukan oleh PDIP. Semua itu harus dilakukan step by step,” katanya.

“Fatsun politik harus kita ikuti, kita lalui, jadi tidak serta merta. Walupun saya kenal dengan DPP (PDIP) tidak langsung bypass, tapi melalui dari bawah. Proses inilah yang harus dihargai oleh semuanya,” sambungnya.

Soal keputusannya maju di Pilbup Lamongan 2020, Kartika bertekad melanjutkan kepemimpinan Fadeli bersama dirinya yang disebut sudah berjalan kondusif.

“Lamongan sudah semakin bagus, semakin menggilan, paling tidak dari yang dulu-dulu. Inilah kemudian niatan kita harus melanjutkan perjuangan atau pemerintahan ini,” ujarnya.

Sembilan Pendaftar

Sementara hingga hari terakhir pendaftaran, ada sembilan nama yang mendaftar di DPC PDIP Lamongan. Tujuh di antaranya mendaftar sebagai bakal calon bupati, sedangkan dua lainnya bakal calon wakil bupati.

Ketua DPC PDIP Lamongan, Sa’im menuturkan, tahap selanjutnya akan dilakukan verifikasi berkas pendaftar. Selanjutnya mereka mengikuti fit and proper test di DPD PDIP Jatim.

“Pastinya elektabilitas calon itu sendiri (ikut menjadi pertimbangan), dan kami di internal PDIP akan melakukan survei terhadap calon yang telah mendaftar,” katanya.

KANDIDAT IKUT PENJARINGAN PDIP

  1. Yuhronur Efendi (Sekdakab Lamongan)
  2. Kartika Hidayati (Wakil Bupati Lamongan)
  3. Sholahuddin (Eks Kades Banyubang Lamongan)
  4. Bi’in Abdussalam (Eks Ketua PCNU Lamongan)
  5. Suhandoyo (Eks Anggota DPRD Jatim)
  6. Suroto (Eks Sekretaris GMNI Jatim)
  7. Sa’im (Ketua DPC PDIP Lamongan)
  8. Kaharudin (Ketua DPC Nasdem Lamongan)
  9. Kolonel Soleh (Anggota TNI)

» Baca Berita Terkait Pilbup Lamongan, PDIP