Umroh Disetop Sementara, Satu Penerbangan ke Jeddah Batal!

LARANGAN SEMENTARA UMROH: Saudi Arabian Airlines hendang take off dari bandara. | Foto: IST
LARANGAN SEMENTARA UMROH: Saudi Arabian Airlines hendang take off dari bandara. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Akibat adanya pelarangan sementara umroh, keberangkatan calon jamaah umroh dibatalkan dari Bandara Juanda, Sidoarjo, Kamis (27/2/2020).

Humas PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro mengungkapkan, sesuai jadwal ada dua penerbangan calon jamaah umroh dari Juanda menuju Tanah Suci. Keduanya menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines.

Jadwal pertama, yakni nomor penerbangan SV 359 pukul 10.35 WIB berhasil diberangkatkan dengan jumlah calon jamaah 438 orang menuju Bandara Jeddah.

Sedangkan jadwal kedua, yakni nomor penerbangan SV3813 yang rencananya diterbangkan pada pukul 16.15 namun dibatalkan. Pembatalan setelah adanya kebijakan dari pemerintah Arab Saudi, untuk menutup sementara akses jamaah umroh akibat serangan virus corona.

“Untuk SV3813 yang dijadwalkan pukul 16.15 WIB status dibatalkan,” ujar Yuristo saat dikonfirmasi, Kamis (27/2/2020).

Pembatalan mengakibatkan penumpang penumpang di terminal keberangkatan. Namun penumpukan tidak berlangsung lama, karena pihak maskapai langsung melakukan sosialisasi terkait pembatalan tersebut.

Pihak Kanwil Kemenag Jatim juga telah melakukan koordinasi dengan pihak KKP Surabaya, PT Angkasapura I Bandara Juanda, dan maskapai.

Hasilnya, diketahui telah adanya jamaah yang diberangkatkan pukul 10.35 WIB, dan untuk yang jadwal pukul 16.15 dibatalkan keberangkatannya.

“Tapi kita enggak tahu apakah nanti dikembalikan lagi setibanya di Saudi Arabia atau enggak, kami gak tahu,” kata Kasi Pembinaan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim, Mahsun Zain.

» Baca Berita Terkait Virus Corona