Senin, 23 Mei 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Tunjungan Plaza Terbakar, Eri Cahyadi Ikut Terjang Asap Pekat Cari Warga yang Terjebak

Berita Terkait

TURUN LANGSUNG: Eri Cahyadi, rasakan perjuangan petugas pemadam jinakkan api di Tunjungan Plaza. | Foto: Barometerjatim.com/IST
TURUN LANGSUNG: Eri Cahyadi, rasakan perjuangan petugas pemadam jinakkan api di Tunjungan Plaza. | Foto: Barometerjatim.com/IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kebakaran di mal Tunjungan Plaza, Rabu (13/4/2022), memang telah berakhir. Namun cerita Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi ikut berjibaku menerjang perihnya asap akibat kobaran api masih jadi perbincangan netizen.

Apa reaksi Eri? “Kemarin, saya ikut merasakan sendiri bagaimana perjuangan teman-teman pemadam kebakaran. Dari dekat, sangat dekat, di Tunjungan Plaza,” katanya dalam akun Istagramnya @ericahyadi_, Kamis (14/3/2022).

Menurut Eri, saat itu ratusan petugas berjibaku. Sebagian besar mungkin belum sempat jenak berbuka puasa, karena api muncul di seputaran waktu berbuka.

“Listrik dipadamkan, gelap gulita. Cahaya hanya datang dari lampu senter para petugas pemadam,” katanya.

Bersama petugas, Eri menyisir lantai demi lantai untuk mengantisipasi segala hal yang tak diinginkan. Termasuk bila ada warga yang terjebak. “Alhamdulillah tak ada korban jiwa,” ucapnya.

Saat kebakaran terjadi, lanjut Eri, udara berasap, terutama di lantai 4 dan 5. “Mata rasanya pedas sekali, karena asap begitu pekat. Napas terengah-engah di antara asap dan gerak yang mesti cepat untuk menangani situasi,” katanya.

“Saya menyaksikan meja dan kursi berserakan. Beberapa makanan masih utuh, ditinggal lari pembeli yang menyelamatkan diri. Ada nasi goreng, koloke, sushi…” sambung Eri.

Berjam-jam petugas bekerja. Sebanyak 28 mobil pemadam kebakaran dikerahkan, termasuk bronto skylift, yang mampu menjangkau gedung sangat tinggi. Hasilnya, api bisa dipadamkan dalam tempo 18 menit dan tidak ada korban.

“Matur nuwun seluruh tim yang terlibat dalam pemadaman. “Semoga yang terdampak di Tunjungan Plaza bisa segera pulih, menggerakkan ekonomi, menjadi tempat mencari nafkah bagi keluarga banyak orang,” ucapnya.

Soal api yang cepat dipadamkan, Eri sewaktu masih menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko), sekitar empat tahun yang lalu, Eri memang ikut merancang pengembangan pemadam kebakaran di Surabaya agar pelaksanaan tugasnya semakin optimal. Mulai dari sisi kelengkapan alat hingga SDM.

» Baca berita terkait Pemkot Surabaya. Baca juga tulisan terukur lainnya Moch Andriansyah.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -