Tim Kapal Robot ITS Beber 5 Misi Berat di AS hingga Juara

ITS JUARA DUNIA: Kapal robot Tim Barunastra ITS juara di AS. Inset: Selebrasi juara. | Foto: IST
ITS JUARA DUNIA: Kapal robot Tim Barunastra ITS juara di Florida, Amerika Serikat. Inset: Selebrasi juara. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tak ada juara yang dicapai dengan mudah. Hal itu dirasakan Tim Barunastra Istitut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya usai menjuarai International Roboboat Competition (IRC) 2019 di Florida, Amerika Serikat (AS).

“Percaya bahwa sebuah pencapaian pasti diraih dengan usaha, nothing worth having comes easy,” kata Lead Official Tim Barunastra ITS, Sabillah Margirizki saat dijamu Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawasa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (6/8/2019).

Sabil — sapaan akrab Sabilah Margirizki — datang ke Grahadi bersama dua anggota Tim Barunastra ITS lainnya, Aisyah Mutiara dan Tiara Medina.

Di hadapan Khofifah, Sabil menjelaskan kapal robot yang dilombakan harus menyelesaikan lima misi berat yang berbeda secara mandiri.

Misi pertama bernama Autonomous Navigation. Dalam misi ini, kapal robot diharuskan masuk dan keluar pintu yang sudah ditentukan secara otomatis dalam danau ajang lomba.

Masih dalam danau yang sama, berikutnya kapal robot melakukan misi kedua yakni Speed Challenge. Kapal robot memasuki rintangan dan berputar balik di titik tertentu.

“Kecepatan kapal perlu sangat diperhatikan dalam babak ini,” tutur mahasiswi Departemen Statistika ITS itu. Dilanjut misi ketiga, Automated Docking dan misi keempat, Raise the Flag.

Sedangkan misi terakhir, yakni Find the Path, harus dipecahkan kapal robot dengan masuk ke rintangan dari banyak bola dan memutari balik pada suatu titik, kemudian keluar lagi dari rintangan berbagai bola tersebut.

Sukses melewati lima misi berat, Tim Barunastra ITS pun tampil sebagai juara, disusul tim dari Embry Riddle Aeronautical University AS, Universitas Indonesia (UI), Hagerty High School AS, dan VTEC Meksiko.

Capaian juara ini sekaligus menjadikan Tim Barunastra ITS sukses mempertahankan posisi gelar dunianya. Sejak 2016, tim ini selalu tampil gemilang dan menghasilkan prestasi yang memuaskan.

» Baca Berita Terkait Robot, ITS