Tiga Alasan Mengapa Jokowi Layak Satu Periode Lagi

JOKOWI 1 PERIODE LAGI: Erick Thohir dan Khofifah Indar Parawansa saling memberi salam. Bersama JKSN siap mengantarkan Jokowi satu periode lagi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
JOKOWI SATU PERIODE LAGI: Erick Thohir dan Khofifah saling memberi salam dan hormat. Bersama JKSN siap mengantarkan Jokowi satu periode lagi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

JEMBER, Barometerjatim.com – Indonesia butuh pemimpin yang teduh. Sedangkan ciri pemimpin yang teduh, menurut Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir bisa dilihat dari tiga hal.

“Satu, sudah pasti taat beragama,” katanya saat menghadiri deklarasi Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) se-Tapal Kuda di Lapangan Desa Balet Baru, Kecamatan Sukowono, Jember, yang bersebelahan dengan Ponpes Nurul Qarnain, Kamis (22/11).

Kedua, lanjut Erick, pemimpin tersebut harus bekerja keras dan hati nuraninya untuk rakyat. Ketiga, harus memberi contoh yang baik kepada rakyatnya dengan hidup sederhana.

• Baca: Erick Thohir: JKSN Ujung Tombak Jokowi-Ma’ruf Amin

Alhamdulillah saya diberi kesempatan dan amanah, pada satu bulan terakhir ini bisa dekat dengan calon presiden kita, Bapak Joko Widodo,” katanya.

Menurut Erick, apa yang dilihatnya selama 1,5 bulan ini, ketiga hal tersebut melekat kuat dalam diri dan menjadi karakter Jokowi, sehingga perlu memimpin bangsa ini satu periode lagi.

“Nomor satu, beliau memang pemimpin yang taat beragama dan rajin shalatnya. Kalau ada pihak-pihak yang masih mempertanyakan ini (soal keislaman Jokowi), insyaallah salah,” tegasnya.

• Baca: Erick Thohir Tak Kenal Jokowi, Kok Mau Jadi Ketua Timses?

Kedua, tentu penting sekali mempunyai presiden yang bekerja keras untuk rakyatnya. Jokowi disebutnya tidak semata-mata hanya terus membangun ekonomi keluarga lewat Kartu Indonesia Pintar (KIP) maupun Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Tapi bagaimana dana desa ditingkatkan dan infrastruktur dibangun. Ini salah satu yang kita lihat atas kepemimpinan beliau,” ujarnya.

Ketiga, tambah Erick, “Sederhana! Beliau benar-benar mendidik keluarganya dan sebagai kepala rumah tangga juga sangat sederhana.”

• Baca: Erick Thohir: Gerakan Tanpa Bola Khofifah Sangat Hebat

Anak-anak Jokowi, lanjut Erick, tidak ada yang mencari bisnis di pemerintahan. “Ibunya, istrinya, luar biasa ibu rumah tangga yang baik. Tidak ke sana-sini mencari objekan,” ucapnya.

Nah, ketiga hal yang dimiliki Jokowi tersebut, menurut Erick, penting buat rakyat dan bangsa Indonesia yang ingin terus maju serta bisa bersaing dengan negara-negara lain.

Posko Kebenaran

HORMAT KIAI: Erick Thohir menunjukkan rasa hormat kepada KH Yazid Karimullah (tengah) dan KH KH Asep Saifuddin Chalim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
HORMAT KIAI: Erick Thohir menunjukkan rasa hormat kepada KH Yazid Karimullah (tengah) dan KH KH Asep Saifuddin Chalim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Soal pandangan pesimis sejumlah pihak, Erick akan menjawabnya dengan pembuktian. Dia mencontohkan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang berjalan sukses, sekaligus mengangkat harkat dan martabat bangsa.

“Ketika bangsa-bangsa tidak yakin Indonesia yang notabene mayoritas penduduknya beragama Islam, tidak yakin bisa menyukseskan Asian Games yang terakhir itu (Indonesia menjadi tuan rumah) tahun 1962,” katanya.

“Tapi kenyataannya dengan kita bersatu, bergotong royong, alhamdulillah hasilnya luar biasa. Bangsa-bangsa di dunia memberi hormat kepada Indonesia, karena Indonesia bangsa yang besar.”

• Baca: Erick Thohir Bisa ‘Ganggu’ Sumber Logistik Prabowo-Sandi

Karena itu, Erick memohon seluruh elemen bangsa, termasuk para kiai, ibu nyai dan santri agar membantu Jokowi-Ma’ruf untuk mensyiarkan bahwa isu-isu yang selama ini dihembuskan untuk menyudutkan petahana, tidaklah benar.

“Ayo sama-sama kita turun ke bawah,  menjadikan rumah kita posko-posko kebenaran. Saya meyakini, bersama Bu Khofifah, bersama JKSN, untuk mengantarkan Pak Jokowi satu periode lagi,” tegasnya.

» Baca Berita Terkait JKSN, Erick Thohir, Khofifah