Erick Thohir Bisa ‘Ganggu’ Sumber Logistik Prabowo-Sandi

BERSETERU DI PILPRES 2019: Erick Thohir dan Sandiaga Uno, sahabat yang akan berseteru di Pilpres 2019. | Foto: IST
BERSETERU DI PILPRES 2019: Erick Thohir dan Sandiaga Uno, sahabat yang akan berseteru di Pilpres 2019. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tak hanya sahabat sejak kecil, Erick Thohir dan Sandiaga Salahuddin Uno juga memiliki banyak irisan jaringan bisnis yang sama.

Situasi ini dinilai bisa mengganggu logistik Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019, setelah Erick menerima pinangan menjadi ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

“Pemilihan Erick berpotensi mengganggu sumber logistik Sandiaga,” nilai Direktur Komunikasi Politik Surabaya Consulting Group (SCG) Consulting, Aprizaldi di Surabaya, Senin (10/9).

• Baca: Diwacanakan Ketua Timses, Emil: Saya Fokus di Trenggalek

Selain itu, dari sisi komunikasi politik, Aprizaldi menilai Erick sosok yang komplet. Mampu menjalankan tiga fungsi penting sekaligus: Membangun keterpercayaan (trustworthiness), keahlian (expertise) dan daya tarik (attractiveness).

Keterpercayaan terkait penilaian terhadap sebuah sumber yang dianggap memiliki integritas. Keahlian berkaitan dengan kompetensi dan pengalaman, sedangkan daya tarik berkaitan dengan potensi sumber menjadi pusat perhatian. “Itu semua ada pada sosok Erick,” tegasnya.

Aprizaldi mencontohkan sukses Asian Games 2018. “Sukses luar biasa menjadi moment yang mengangkat nama Erick sebagai sosok yang bekerja keras di event tersebut,” katanya.

• Baca: Khofifah Dukung Jokowi, Muslimat NU? Tunggu Dulu!

Selain itu, lanjutnya, Erick juga pengusaha sukses dengan kerja-kerja yang luar biasa di dalam dan luar negeri. “Ini bisa memperkuat asosiasi pekerja keras pada kubu Jokowi,” paparnya.

Aprizaldi menilai, penunjukan Erick sebagai ketua TKN pasangan Jokowi-Ma’ruf sebagai langkah tepat. “Hal itu menunjukkan kejelian Jokowi dalam membaca situasi nasional kini dan beberapa bulan ke depan hingga Pilpres 2019,” katanya.