Terbesar di 2021! AMPI Jatim Gelar Esports Piala Menpora

TURNAMEN ESPORTS: Sarmuji (kiri) dan Pranaya Yudha Mahardika, semangat lahirkan atlet level dunia. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TURNAMEN ESPORTS: Sarmuji (kiri) dan Pranaya Yudha Mahardika, semangat lahirkan atlet level dunia. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Turnamen esports level nasional digelar DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jatim. Diikuti 14 ribu tim dengan total 70 ribu peserta, ajang bertajuk Youth Esports Tournament Piala Menpora 2021 tersebut diklaim sebagai turnamen esports terbesar tahun ini.

“Ini adalah turnamen esports terbesar tahun ini, memperebutkan Piala Menpora dengan prize pool (total hadiah) sebesar Rp 200 juta,” terang Ketua DPD AMPI Jatim, Pranaya Yudha Mahardika, Sabtu (17/4/2021).

Ini semua, sambung Pranaya, “Adalah kepercayaan yang diberikan Kemenpora kepada AMPI Jatim, dan juga atas kepercayaan serta support dari dewan pembina kami, Pak Sarmuji.”

Setelah kick-off dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali secara virtual, lanjut Pranaya, selanjutnya setiap hari digelar 1.500 pertandingan online hingga grand final digelar pada 30 Mei 2021 di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan.

“Kenapa kami pilih di Pandaan, karena Pandaan adalah tempat berdirinya AMPI di tahun 1978 yang lalu,” kata politikus yang juga anggota Komisi C DPRD Jatim dari Fraksi Partai Golkar tersebut.

Ketua Dewan Pembina AMPI Jatim, Muhammad Sarmuji juga menyampaikan terima kasihnya kepada Menpora dan Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) atas kepercayaan yang diberikan kepada AMPI Jatim.

“14 ribu tim itu jumlah yang sangat besar, apalagi jumlah orangnya lebih besar lagi, karena 14 ribu itu tim. Dikalikan satu tim ada 5 orang sudah 70 ribu orang dan ini dikelola untuk bertanding secara virtual. Nanti pada grand final ada pertandingan secara offline,” paparnya.

Kepercayaan dari Menpora dan PBESI, menurut Sarmuji, tentu saja harus dibayar dengan kerja keras oleh panitia dan AMP Jatim. “Dan sejauh ini sudah bekerja keras, menyempurnakan ikhtiar supaya bisa sukses dalam menyelenggarakan acara ini,” katanya.

Bagi Sarmuji yang juga ketua DPD Partai Golkar Jatim, sukses bukan hanya dalam penyelenggaraan, tapi mampu melahirkan atlet-atlet yang bisa menjadi jagoan Indonesia untuk dipertandingkan di level internasional.

Apalagi saat SEA Games di Hanoi, rencananya digelar akhir tahun ini, esports sudah masuk menjadi salah satu cabang yang akan dipertandingkan.

“Tentu kita harus mempersiapkan anak-anak muda kita untuk bisa bertanding, syukur-syukur esports Indonesia bisa bicara banyak di kancah dunia. Terutama lahir dari turnamen yang diselenggarakan oleh AMPI Jatim,” ucapnya.

Sedangkan Menpora Zainuddin Amali menuturkan, lewat Youth Esports Tournament Piala Menpora 2021 ini anak muda didorong untuk melakukan hal-hal positif sekaligus menjadi ajang berprestasi.

“Tanpa turnamen, kompetisi, kejuaraan, maka anda semua tidak bisa mengukur kemampuan. Tapi dengan adanya turnamen seperti ini, maka pasti ada tempat untuk bertanding sekaligus beruji coba tentang kemampuan yang dilatih dan dipersiapkan,” paparnya.

Zainuddin menambahkan, bukan tidak mungkin dari hasil even ini akan lahir talenta-talenta untuk mengisi tim nasional. Karena itu, dia meminta peserta untuk mengeluarkan seluruh kemampuan dengan daya juang tinggi sehingga layak jadi pemenang.

YOUTH ESPORTS PIALA MENPORA 2021

  • Kualifikasi 256 Besar Grup: 17-22 April 2021
  • Kualifikasi 128 Besar Grup: 23-29 April 2021
  • Kualifikasi 64 Besar Grup: 30 April-3 Mei 2021
  • Kualifikasi 32 dan 16 Besar Grup: 1 dan 4 Mei 2021
  • Kualifikasi 8 Besar dan Final Grup: 2 dan 5 Mei 2021
  • Babak 40 Besar dan 32 Besar: 7 Mei 2021
  • Babak 16 Besar: 8 Mei 2021
  • Babak 8 Besar: 9 Mei 2021
  • Semi Final dan Grand Final: 30 Mei 2021

» Baca Berita Terkait Golkar