Tambah 6 Pasien Positif, Corona Mulai Menggurita di Sampang

JATIM TAMBAH 91 POSITIF: Jatim ada 91 orang positif Corona, Surabaya terbanyak dengan 60 kasus. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
KIAN MENGGURITA: Jatim TAMBAH 91 positif Corona, Surabaya terbanyak dengan 60 kasus. | Grafis: Radar Covid-19 Jatim

SURABAYA, Barometerjatim.com – Setelah pertahanannya jebol pada 15 Mei 2020, wilayah Sampang, Madura, kian merah! Sebaran virus Corona (Covid-19) pun mulai menggurita di kabupaten yang dipimpin Bupati Slamet Junaidi tersebut.   .

Dari update yang disampaikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (19/5/2020) malam, Sampang terdapat tambahan enam positif Covid-19 atau total menjadi 11 kasus.

“Total tambahan positif hari ini (di Jatim) adalah 91 orang. Tambahan terbanyak dari Surabaya 60 orang, dan di bawah Surabaya yakni Sampang, ini ada enam orang,” katanya.

Artinya, lanjut Khofifah, Sampang yang cukup lama bertahan di zona hijau, setelah tracing dan rapid test dimaksimalkan, ditemukan enam lagi positif Corona.

“Jadi sebetulnya dengan atau tanpa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) jikalau rapid test dimasifkan, swab juga dilakukan secara masif, tracing dilakukan secara progresif, maka peta baru bisa segera dilakukan antisipasi,” katanya.

Sehingga, kesiapsiagaan seluruh layanan medis juga bisa diantisipasi. Termasuk 99 rumah sakit rujukan di wilayah terdekat kasus terjadi diharapkan bisa melakukan percepatan layanan.

Sedangkan 25 tambahan positif Covid-19 lainnya tersebar di Pamekasan (1), Kabupaten Malang (2), Jombang (1), Kabupaten Kediri (1), Bondowoso (1) dan Kota Mojokerto (1).

Lalu Sidoarjo (5), Ponorogo (1), Kabupaten Mojokerto (3), Bangkalan (2), Lamongan (2), Kabupaten Blitar (1), Kota Kediri (1), Tuban (1) dan Bojonegoro (2).

» Baca Berita Terkait Wabah Corona