Survei ARCI: Emil Dardak, Pemimpin Muda Paling Disukai!

PALING DISUKAI: Emil Elestianto Dardak, pemimpin muda paling disukai warga Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PALING DISUKAI: Emil Elestianto Dardak, pemimpin muda paling disukai warga Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Banyak pemuda di Jatim berusia di bawah 40 tahun yang menjadi pemimpin, baik di organisasi sosial kemasyarakatan maupun sebagai wali kota ataupun Bupati. Dan yang paling disukai publik Jatim: Emil Elestianto Dardak!

Dari hasil survei lembaga Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI)  periode 20 hingga 31 Oktober 2021, wakil gubernur Jatim itu menempati posisi teratas dengan dipilih 19,6% responden, disusul Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani 15,7%.

Populasi survei ARCI yakni seluruh warga Jatim yang punya hak pilih dan sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Dari populasi yang dipilih secara rendom (multistage random sampling) didapat 1.200 responden. Marging of error kurang lebih 3% pada tingkat kepercayaan 95%.

Tak hanya menjadi pemimpin muda yang paling disukai, Emil juga masuk top of mind responden yang dipilih menjadi gubernur, di bawah Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

“Persepsi publik ada lima tokoh yang paling banyak disebut masyarakat dalam top of mind,” terang Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Siratj saat memaparkan hasil survei lembaganya di Surabaya, Kamis (4/11/2021) sore.

Mereka yakni Khofifah 25,08%, Tri Rismaharini 1,25%, Emil Dardak 1,08%, Saifullah Yusuf 1,05%, Abdul Halim Iskandar 0,9%, dan La Nyalla Mattalitti 0,6%.

Pun soal elektabilitas, Emil yang juga Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim dipilih 8,1% responden terus membayangi Risma 8,7%. Sedangkan Khofifah masih teratas namun tak sampai 50% (32,7%).

“Untuk elektabilitas khofifah masih tertinggi 32,7%, diikuti Tri Rismaharini 8,7%, Emil Dardak 8,1%, Saifullah Yusuf 6,9%, Abdul Halim Iskandar 4,6%, dan La Nyalla Mattalitti 3,2%%,” kata Baihaki.

» Baca Berita Terkait Pilgub Jatim