Surabaya Raya Sepakat PSBB, Hari Ini Khofifah Surati Menkes

SEPAKAT PSBB: Tiga wilayah di Jatim, Surabaya, Sidoarjo dan Gresik siap terapkan PSBB. | Grafis: Gugus Tugas Jatim
SEPAKAT PSBB: Tiga wilayah di Jatim, Surabaya, Sidoarjo dan Gresik siap terapkan PSBB. | Sumber Grafis: Gugus Tugas Covid-19 Jatim

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tiga daerah di wilayah Surabaya Raya — Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik — sepakat menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penyebaran virus Corona (Covid-19).

Menindaklanjuti kesepakatan tersebut, Senin (20/4/2020) hari ini Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berkirim surat ke Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Jika Menkes menyetujui penerapan PSBB, Khofifah akan mengikutinya dengan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pedoman PSBB di wilayah Surabaya Raya agar berjalan efektif.

“Nantinya tiga wilayah tersebut akan menindaklanjuti dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) dan Peraturan Bupati (Perbup),” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

“Selain itu wajib melaksanakan PSBB sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, serta secara konsisten mendorong serta menyosialisasikan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat,” sambungnya.

Dalam rapat koordinasi antara Pemprov Jatim dengan ketiga kepala daerah tersebut, Minggu (19/4/2020) juga dibahas tentang pasokan logisik, sarana kesehatan dan jaminan sosial saat PSBB diterapkan. Termasuk di antaranya menyediakan jaring pengaman sosial yakni bantuan sosial (bansos).

“Semua hal yang terkait dengan persiapan PSBB sudah dipersiapkan, insyaallah siap melaksanakan. Pemprov Jatim akan memberi dukungan berbagai program, termasuk berupa jaring pengamanan sosial,” ujarnya.

Khofifah menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepala gugus tugas pusat dan telah mendapatkan lampu hijau untuk dilanjutkan.

Jika PSBB Jatim ini berjalan baik, maka penanganan Corona menjadi lebih terintegrasi dan memudahkan pemerintah dalam mengendalikan pandemi tersebut.

Merujuk data persebaran Covid-19 di Surabaya per 19 April 2020, kasus konfirmasi Covid-19 telah menjangkiti seluruh (31) kecamatan di Kota Surabaya. Pasien positif sebanyak 299 orang, 745 orang (Pasien Dalam Pengawasan) dan 1.892 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Pun demikian dengan Sidoarjo dan Gresik yang terus menunjukkan kenaikan signifikan. Di Gresik, dari 18 kecamatan di Gresik, 11 di antaranya terjangkit. Pasien postif 20 orang, 107 PDP dan 1.077 ODP.

Sedangkan di Sidoarjo, dari 18 kecamatan, 14 di antaranya terjangkit. Pasien positif 57 orang, 132 PDP dan 534 ODP.

  1. Provinsi DKI Jakarta
  2. Provinsi Sumatera Barat
  3. Kabupaten Bogor
  4. Kota Bogor
  5. Kota Depok
  6. Kota Bekasi
  7. Kabupaten Bekasi
  8. Kota Tangerang Selatan
  9. Kota Tangerang
  10. Kabupaten Tangerang
  11. Kota Pekanbaru
  12. Kota Makassar
  13. Kota Tegal
  14. Kota Bandung
  15. Kabupaten Bandung
  16. Kabupaten Bandung Barat
  17. Kabupaten Sumedang
  18. Kota Cimahi

» Baca Berita Terkait Wabah Corona