Senin, 15 Agustus 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Sudah Tertebak! Sekda Jatim Dijabat Adhy Karyono, Bukan Pejabat Internal Pemprov

Berita Terkait

AKHIRNYA PUNYA SEKDA DEFINITIF: Adhy Karyono dilantik sebagai Sekdaprov Jatim secara definitif. | Foto: Barometerjatim.com/IST
AKHIRNYA PUNYA SEKDA DEFINITIF: Adhy Karyono dilantik sebagai Sekdaprov Jatim secara definitif. | Foto: Barometerjatim.com/IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sudah tertebak sejak awal. Kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim definitif akhirnya dijabat Adhy Karyono. Bukan satu dari dua pejabat internal Pemprov yang lolos seleksi, yakni Jumadi (Kepala Dinas Kehutanan) atau Nurkholis (Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM).

Tebakan itu, di antaranya sudah beberapa bulan lalu dilontarkan Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang juga Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam.

“Saya memprediksi dari eksternal Pemprov. Betapapun jabatan Sekda itu separuh jabatan karir dan separuh politik. Mesti juga dihubungkan relasi kuasanya dengan kepala daerah,” katanya pada Barometerjatim.com, Minggu (10/4/2022).

“Apalagi akan ada hajatan Pilkada 2024, tentu posisi Sekda akan kian strategis. Nah, kombinasi kompetensi kelayakan karir dan politis ini yang membuat seleksi Sekda provinsi selalu ramai dengan manuver dan itu wajar saja,” tandasnya.

Adhy dilantikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa sebagai Sekda Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (15/7/2022), berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 79/TPA Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPTM) di lingkungan Pemprov Jatim.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima jabatan dan Pakta Integritas, yang dilanjutkan dengan penyerahan memori jabatan dari Pejabat (Pj) Sekdaprov Jatim Wahid Wahyudi kepada Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono.

Segera Tancap Gas

PAKAR PREDIKSI ADHY KARYONO: Capture berita Barometerjatim.com edisi Minggu (10/4/2022). | Foto: Barometerjatim.com/IST
PAKAR PREDIKSI ADHY KARYONO: Capture berita Barometerjatim.com edisi Minggu (10/4/2022). | Foto: Barometerjatim.com/IST

Usai dilantik, Khofifah meminta Adhy yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Menteri Sosial bidang Perubahan dan Dinamika Sosial, segera tancap gas dalam melaksanakan sejumlah pekerjaan yang sudah menunggunya. Di antaranya merumuskan RAPBD 2023 yang harus segera dibahas bersama DPRD Jatim.

Khofifah meminta Adhy bersama seluruh OPD dapat membangun sinergitas dengan maksimal, terutama kesiapannya dalam membahas Rancangan APBD 2023 serta Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang proses finalisasi terus dilakukan dengan Kemendagri.

“RAPBD 2023 harus nyambung dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan nyambung dengan RKPD,” tegas mantan Menteri Sosial tersebut.

Selain itu, Khofifah minta Adhy turut mengawal ketat tercapainya Indeks Kinerja Utama (IKU). Terlebih Jatim selalu berada diatas target yang telah ditetapkan.

Allhamdulillah, dari 11 IKU Jatim selalu berada di atas target yang telah ditetapkan. Oleh karenanya, RPJMD harus menjadi acuan dalam program-program strategis yang telah dibahas bersama jajaran DPRD Jatim,” ucapnya.

Sementara itu Adhy menyampaikan akan senantiasa bekerja dan menjalankan amanah sebaik baiknya, sesuai petunjuk dan arahan dari Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

Adhy menegaskan dirinya akan menjadi sosok yang cepat beradaptasi dan menyesuaikan irama yang telah terbentuk bersama gubernur, wakil gubernur serta seluruh kepala OPD selingkup Pemprov Jatim.

“Juga bersama seluruh stakeholder, saya akan menjunung tinggi dan berpedoman pada amanah menjadi Sekda,” ucapnya.

» Baca berita terkait Pemprov Jatim. Baca juga tulisan terukur lainnya Abdillah HR.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -