Stafsus Presiden: Tiap Provinsi Harus Ada Wali Kota seperti Eri!

TERIMA STAFSUS PRESIDEN: Eri Cahyadi dan Diaz Hendropriyono bicara soal penanganan Covid-19 hingga stunting. | Foto: IST
TERIMA STAFSUS PRESIDEN: Eri Cahyadi dan Diaz Hendropriyono bicara soal penanganan Covid-19 hingga stunting. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Asisten dan Pembantu Asisten (Stafsus) Presiden RI Joko Widodo, Diaz Hendropriyono mengapresiasi kinerja Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dalam hal menangani pandemi di Kota Pahlawan yang kini berhasil mencapai PPKM level 1.

“Sepertinya setiap provinsi harus ada wali kota seperti Pak Eri, menjadi provokator yang baik dan saling membantu bersama dengan kota/kabupaten lainnya. Karena Pak Wali Kota ini adalah salah satu kepala daerah terbaik di Indonesia,” katanya.

Hal itu dikatakan Diaz usai mengunjungi Eri Cahyadi di rumah dinasnya, Jalan Sedap Malam, Jumat (12/11/2021). Dalam pertemuan tersebut, Eri didampingi lima kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Diaz yang merupakan anak mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono juga mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan Eri. Dalam pembicaraanya, dia menyampaikan soal keinginan pemerintah pusat berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya.

“Tadi kita berbicara mengenai potensi daerah dan apa saja yang bisa kita sinergikan dengan pusat. Harapan kami ke depannya bisa berkolaborasi, membuat Indonesia khususnya Surabaya menjadi lebih maju. Apa yang bisa kita sinergikan, nanti kita sinergikan,” katanya.

Sementara Eri dalam pertemuan itu menceritakan banyak hal kepada Diaz. Mulai dari soal penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi, vaksinasi, pencegahan stunting, hingga kolaborasi antarkepala daerah di Jatim.

“Ini (level 1) bisa tercapai karena kerja sama kita semua. Mulai dari Forkopimda Surabaya, Kepala OPD, dan seluruh masyarakat Kota Surabaya. Sehingga kami bisa mencapai PPKM level 1,” katanya.

Tak hanya bercerita soal capaian vaksinasi, Eri juga menjelaskan soal adanya kolaborasi dengan kepala daerah lain untuk membangkitkan perekonomian. Seperti halnya kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar beberapa hari lalu.

Menurutnya, kolaborasi ini bukan sekadar untuk menggerakkan ekonomi, tetapi juga untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan sesama kepala daerah.

“Seperti kemarin kita membantu Kota Batu dan Gresik, kita sempat kirim alat berat untuk evakuasi dan mengatasi bencana alam,” kata Eri.

“Dari hal-hal seperti ini kami sesama kepala daerah akan lebih erat. Selain itu dampaknya juga ke warga Surabaya, agar kota ini terhindar dari bencana,” sambungnya.

Mantan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Diaz. Dia berharap, pemerintah pusat bisa terus memberi masukan dan saran serta dukungan agar Surabaya menjadi lebih baik lagi ke depannya.

“Saya ingin pemerintah pusat tetap membimbing Kota Surabaya, saling sharing lah. Karena semakin banyak sharing dengan banyak orang akan membuat kami semakin baik,” katanya.

» Baca Berita Terkait Pemkot Surabaya