Soal Sosialisasi 4 Pilar, Politikus Gerindra Sindir Pemerintah

MINTA PEMERINTAH AKTIF: Bambang Haryo (kanan) saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di Surabaya, Sabtu (4/8). Pemerintah diminta berperan aktif. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
MINTA PEMERINTAH AKTIF: Bambang Haryo (dua dari kanan) sosialisasi empat pilar kebangsaan di Surabaya, Sabtu (4/8). Minta pemerintah berperan aktif. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Anggota MPR RI Fraksi Gerindra, Bambang Haryo Soekartono meminta pemerintah berperan aktif dalam menyosialisasikan empat pilar kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika.

Apalagi anggaran untuk sosialisasi empat pilar disebutnya tersedia. “Daripada anggarannya dipakai untuk infrastruktur yang tidak jelas,” sindirnya usai sosialisasi empat pilar kebangsaan di Surabaya, Sabtu (4/8).

Dia mencontohkan anggaran pembangunan untuk infrastruktur yang menelan Rp 400 triliun setiap tahun. Sekarang sudah tahun keempat, artinya sudah mendekati Rp 1.200 triliun. Belum lagi kucuran dana desa yang setiap tahunnya mencapai Rp 60 triliun dan sekarang sudah mencapai Rp 187 triliun.

• Baca: Gerindra Umumkan Cawapres Prabowo di ‘Momen Cantik’ 888

“Harusnya pertumbuhan ekonominya jadi bagus. Ternyata tidak bagus. Misalnya di Asia Tenggara. Pada 2017, pertumbuhan ekonomi kita nomor delapan, berada di bawah Timor Leste dan Papua Nugini,” beber Bambang.

Karena itu, dia meminta pemerintah untuk berperan aktif, mengingat pentingnya empat pilar bagi kehidupan berkebangsaan. “Kami mengharapkan pemerintah dan DPR bersama-sama menyosialisasikan apa yang ada di dalam empat pilar tersebut, yang sebagai dasar untuk kita berkehidupan yang berkarakter,” katanya.

Dengan pemerintah turut berperan aktif, tandas Bambang, maka bisa menyentuh masyarakat lebih luas bahkan hingga pedalaman. Ini karena jumlah aparat pemerintahan jauh lebih banyak daripada anggota DPR, MPR dan DPD RI yang tidak lebih dari 700 orang.

• Baca: Gerindra Pesimis Target PAD Lamongan Rp 495 M Tercapai

Sebenarnya, aku Bambang, dirinya pernah meminta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani untuk mengoordinir sosialisasi empat pilar. Apalagi empat pilar itu merupakan ‘produk’ Taufik Kiemas, ayah Puan.

“Saya bilang sekarang tugas dari pemerintah dengan 45 kementerian/lembaga, 500 Dirjen lebih, itu bisa mempunyai tugas masing-masing menyosialisasikan empat pilar di SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Ini akan kuat. Kita memiliki bangsa yang berkarakter,” katanya.

• Baca: Gerindra Berharap PWNU Jatim Jadi Pengayom Seluruh Parpol

Anggota Komisi V DPR RI itu mengaku, permintaannya tersebut disampaikan saat Rapat Kerja (Raker) Badan Anggaran (Banggar). “Tanya ke Bu Puan, apa benar Mas Bambang Haryo pernah mengatakan seperti itu keras di Raker Banggar,” katanya.

“Sampai sekarang hal itu tidak diberlakukan. Ini satu anggota MPR, yang lainnya saya tidak tahu. Tapi saya mengatakan wajib,” tambahnya.