Soal Dukungan di Pilpres, Gus Ipul: Dari Dulu Saya Ikut Kiai!

Gus Ipul (kanan) berbincang dengan KH Anwar Iskandar di forum kiai NU. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
Gus Ipul (kanan) berbincang dengan KH Anwar Iskandar di forum kiai NU. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ke mana arah dukungan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pilpres 2019 mulai terjawab, meski tak disampaikannya secara gamblang. Dari ‘kisi-kisi’ yang dilontarkan, mantan Wagub Jatim itu mendukung paslon 01, Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Ya sudah, kita ini sekarang kan di belakang. Sudah selesai Pilgub, kita di belakang ikut kiai aja, di belakangnya kiai. Dari dulu sikap saya kan gitu, ikut kiai,” katanya usai menghadiri Silaturahim Alim Ulama NU di Hotel Bumi Surabaya, Sabtu (9/3/2019).

Apakah itu artinya Gus Ipul mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin? “Ikut kiai aja. Di belakang kita lihat aja, ikut kiai, itu aja,” tandasnya. Dukung paslon 01 ya Gus? “Ikut kiai,” sergahnya, kali ini sambil tertawa ringan.

Saat dipertegas, bukankah ada kiai yang mendukung Jokowi-Ma’ruf, tapi ada pula yang di kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Gus Ipul menyebut kiai yang ada di forum Silaturahim Alim Ulama NU.

Pokoke ini kan saya ke sini, saya sekarang jadi rakyat. Jadi ada undangan ya datang, ikut kiai aja. Kiai Nawawi (KH A Nawawi Abdul Jalil, pengasuh Ponpes Sidogiri, Pasuruan) kiai saya, ada Gus Maksum, semua ada di sini,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Ipul juga menegaskan belum memikirkan untuk kembali terjun ke politik lagi pasca running di Pilgub Jatim 2018, dan lebih memilih menjadi petani tomat.

“Belajar jadi petani, sama ada yayasan gitu (men-support Fatma Foundation, yayasan peduli kanker yang didirikan istrinya, Fatma Saifullah Yusuf ,” katanya.•

» Baca Berita Terkait Gus Ipul, Pilpres 2019