Forum Alim Ulama NU Jatim Satukan Pakde Karwo-Gus Ipul

Gus Ipul dan Pakde Karwo berpelukan di forum PWNU Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/marjan ap
Gus Ipul dan Pakde Karwo berpelukan di forum PWNU Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/marjan ap

SURABAYA, Barometerjatim.com – Forum Silaturahim Alim Ulama NU Jatim bertajuk “Bersatu Menangkal Hoaks dan Ujaran Kebencian demi Mewujudkan Pemilu Aman dan Damai” di Hotel Bumi Surabaya, Sabtu (9/3/2019) tak hanya komplet tapi juga istimewa.

Komplet, karena dihadiri para petinggi di Jatim, mulai Gubernur dan Wagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak; Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan; serta Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi.

Selain itu, pengurus PWNU Jatim dari jajaran syuriyah dan tanfidziyah hampir semuanya hadir, termasuk Rais Syuriyah KH Anwar Manshur. Ketua Tanfidziyah, KH Marzuki Mustamar tak terlihat hadir karena sedang menunaikan ibadah umroh.

Selain komplet, forum ini bisa dibilang istimewa karena untuk kali pertama sejak purnatugas sebagai Gubernur dan Wagub Jatim, Soekarwo (Pakde Karwo) dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bertemu di forum resmi, bahkan berpelukan di hadapan para kiai NU Jatim.

Terlebih hubungan keduanya terbaca renggang sejak Pilgub Jatim 2018, lantaran Pakde Karwo lebih memilih mendukung Khofifah ketimbang Gus Ipul yang 10 tahun menemaninya memimpin Jatim.

Meski berada di forum yang sama, Pakde Karwo tidak semeja dengan Gus Ipul. Pakde Karwo yang hadir lebih dulu semeja dengan gubernur, Kapolda, Pangdam, KH Anwar Iskandar dan KH Agoes Ali Mashuri (kaduanya wakil rais syuriyah PWNU), serta KH A Nawawi Abdul Jalil (pengasuh Ponpes Sidogiri, Pasuruan).

Sedangkan Gus Ipul yang datang belakangan duduk semeja dengan undangan lain. Meja Gus Ipul berada di depan sisi kanan panggung, dan berjarak dua meja dengan meja yang ditempati Soekarwo. Dua meja yang memisahkan itu, masing-masing ditempati Emil dan Sekretaris PWNU Jatim, Prof Akh Muzakki bersama undangan lainnya.

Di tengah acara, Gus Ipul sempat menghampiri meja Pakde Karwo. Tapi bukan untuk menyapa mantan atasannya itu, melainkan menyambut Kapolda usai menyampaikan pidato. Bersalaman dan berpelukan dengan Kapolda, kemudian Gus Ipul kembali ke mejanya.

Namun ada pemandangan menarik usai acara. Pakde Karwo yang beranjak dari tempat duduknya, lantas menghampiri Gus Ipul. Tak jelas apa yang dibicarakan, keduanya saling melemparkan senyum, bersalaman, kemudian berpelukan.

Tak Ada Pembicaraan

Forum silaturahim alim ulama NU Jatim di Surabaya, Sabtu (9/3/2019). | Foto: Barometerjatim.com/marjan
Forum silaturahim alim ulama NU Jatim di Surabaya, Sabtu (9/3/2019). | Foto: Barometerjatim.com/marjan

Inikah akhir perseteruan Pakde Karwo dan Gus Ipul pasca Pilgub Jatim 2018? “Ya salaman, biasa lho salaman,” kata mantan ketua umum PP GP Ansor tersebut saat ditanya terkait moment berpelukan dengan Pakde Karwo.

Gus Ipul juga mengatakan tak ada hal disampaikan Pakde Karwo saat mendatangi mejanya, “Enggak ada! Enggak ada, enggak ada,” elaknya sambil melempar senyum khasnya.

Setelahnya, Gus Ipul langsung meninggalkan lokasi. Sebaliknya, Pakde Karwo terlihat masuk ruangan VIP, ruangan yang juga dimasuki gubernur, Kapolda, Pangdam dan undangan VIP lainnya.

Keluar ruangan VIP, Pakde Karwo sempat dicegat wartawan dan hendak ditanya terkait moment berpelukan dengan Gus Ipul. Namun ketua DPD Partai Demokrat Jatim yang biasanya berlama-lama meladeni pertanyaan wartawan itu, kali ini enggan memberikan komentar bahkan memilih menghindar.

Sik-sik.. (Sebentar-sebentar),” katanya tersenyum sambil masuk mobil Toyota Innova warna hitam yang sudah menunggunya di depan lobi hotel. Setelahnya, Pakde Karwo membuka kaca mobil sambil melambaikan tangan tanda pamit.

Seperti diketahui, hubungan keduanya terlihat semakin renggang lantaran pasca dikalahkan Khofifah di Pilgub Jatim 2018, Gus Ipul rajin mengkritik kinerja Pakde Karwo.

Paling menohok, Pakde Karwo disebutnya 10 tahun memimpin Jatim tanpa legacy (warisan), sementara dirinya tak bisa berbuat banyak karena hanya sebagai wakil gubernur.

Tak hanya itu, Gus Ipul juga tak hadir di acara Purnatugas Gubernur-Wagub Jatim di Grahadi, Senin (11/2/2019) malam, serta absen saat Sertijab Gubernur-Wagub 2019-2024 di Gedung DPRD Jatim, Senin (18/2/2019).

Sebaliknya, Gus Ipul justru bersilaturahim ke rumah Khofifah di kawasan Jemursari, Surabaya, Minggu (10/2/2019) malam. Bahkan kembali menemui Khofifah saat acara syukuran gubernur-Wagub yang baru di Grahadi, Kamis (14/2/2019) malam.•

» Baca Berita Terkait Pakde Karwo, Khofifah, Gus Ipul