Sinyal PDIP: Risma, Kanang dan Anas Berpeluang Jadi Menteri

PDIP BICARA MENTERI: Hasto Kristiyanto di kantor DPD PDIP Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PDIP BICARA MENTERI: Hasto Kristiyanto di kantor DPD PDIP Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyebut tiga kepala daerah ini berpeluang menduduki kursi menteri di kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Ketiganya yakni Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini; Bupati Ngawi, Budi Sulistyono alias Kanang; serta Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

“Ya kepala daerah dari Jatim dari PDIP kan bagus-bagus, banyak itu. Berdasarkan penilaian masyarakat, Ibu Risma, Bapak Kanang, Bapak Anas,” kata Hasto di kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Raya Kendangsari, Surabaya, Jumat (18/10/2019).

“Tapi tetap demokrasi kami untuk urusan menteri, kami menyerahkan sepenuhnya kepada (Ketua Umum PDIP) Ibu Megawati Soekarnoputri yang secara intensif membangun dialog dengan Bapak Presiden Jokowi,” sambungnya.

Lagi pula, kata Hasto, Jokowi telah melakukan profiling kepala daerah mana saja yang dinilai mampu untuk menjadi pembantu presiden.

“Sekiranya diminta, PDIP punya banyak kepala daerah yang memiliki komitmen kerakyatan yang sangat kuat dan punya kepemimpnan serta kemampuan yang hebat,” ucapnya.

Hasto menambahkan, jalur kepala daerah merupakan satu dari lima pintu untuk menjaring calon menteri. Sedangkan empat pintu lainnya yakni Parpol, fungsional profesional, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan tokoh masyarakat.

“Semangat yang dibawa PDIP, kami bisa bekerja sama dengan seluruh komponen masyarakat, terutama yang berjuang memenangkan Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin,” kata Hasto.

Apalagi Indonesia, lanjut Hasto, milik bersama sehingga kabinet Jokowi-Ma’ruf harus mencerminkan semangat gotong royong.

“Tetapi skala prioritas untuk kerja, membangun harapan rakyat, menyelesaikan masalah-masalah rakyat. Berapa (kursi menteri) yang didapat PDIP nanti, kami serahkan pada bapak presiden,” katanya.

» Baca Berita Terkait PDIP