Selain 2 Meninggal, 98 Buruh Sampoerna Reaktif Corona!

TRACING CORONA: Kohar Hari Santoso, tracing buruh pabrik Sampoerna terpapar Corona. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TRACING CORONA: Kohar Hari Santoso, tracing buruh pabrik Sampoerna terpapar Corona. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Selain dua meninggal dunia, 98 buruh pabrik PT HM Sampoerna Surabaya dinyatakan reaktif virus Corona (Covid-19). Jumlah didapat dari hasil rapid test terhadap 500 buruh lainnya di pabrik rokok ternama tersebut.

Ketua Rumpun Tracing Covid-19 Jatim dr Kohar Hari Santoso menuturkan, dari 98 yang reaktif, 91 orang saat ini sedang diisolasi di sebuah hotel di Surabaya dan tujuh lainnya dirawatinapkan.

“Sedang kita lakukan swab, ya tunggu hasilnya swab nanti,” kata Kohar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (30/4/2020) malam.

Kohar menjelaskan, proses swab bisa dilakukan dengan tiga cara. Pertama, dari pemeriksaan Corona kemudian ditanam atau culture virus. “Jika tumbuh maka berarti ada virusnya,” katanya.

Cara kedua, di-swab kemudian dicarikan pasangannya dan kalau kelihatan berarti ada virusnya. “Cara ketiga adalah memeriksa cuwilan virusnya,” tandas Kohar.

Lalu cara keempat, memeriksa antibodi. Lazimnya, orang kalau kemasukan virus maka tubuhnya akan membuat antibodi. Perlu dicek mengapa mucul antibodi, apakah ada virusnya atau tidak. Nah, rapid test untuk melihat antibodi tersebut.

Sementara soal dugaan riwayat perjalanan dari ke-98 orang tersebut, Kohar masih akan mendalami lebih lanjut. “Maksudnya sumber penularannya dari mana, kami sedang dalami lagi,” katanya.

Namun dia memastian, para buruh pabrik Sampoerna relatif terkumpul di tempat kosnya, sehingga di tempat tersebut yang ada teman-teman para pekerja ini sendiri.

Dimana tempat kos para buruh Sampoerna tersebut? “Saya enggak tahu detail tempat kosnya, tapi areanya relatif terlokalisir,” elak Kohar.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona