Sebelum Disembelih, Sapi Kurban Jokowi Lalui Red Carpet

RED CARPET: Sapi kurban Jokowi dituntun lewati karpet merah sebelum disembelih. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
RED CARPET: Sapi kurban Jokowi dituntun melewati karpet merah sebelum disembelih. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Senin (12/8/2019) hari ini mulai pukul 06.00 WIB pagi tadi, 22 sapi dan 99 kambing yang dikurbankan — termasuk sapi milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) — lewat panitia di Masjid Al Akbar Surabaya disembelih.

Menariknya, untuk menuju tempat penyembelihan di basement Masjid Al Akbar Surabaya, sapi Jokowi yang berbobot 1,080 ton dituntun melewati red carpet. Perlakukan sama juga untuk semua sapi dan kambing yang akan disembelih.

“Semua hewan kurban, baik milik Presiden Jokowi, Gubernur Khofifah dan jamaah lainnya melewati red carpet menuju tempat pemotongan,” tutur Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor di sela penyembelihan hewan kurban.

Menurut Helmy, karpet merah yang disiapkan untuk sapi menuju tempat penyembelihan merupakan inovasi dari pengurus Masjid Al Akbar Surabaya.

“Baru tahun ini, setelah kami melakukan survei dan bersamaan dengan pemberlakuan besek (untuk pengemasan daging),” ungkapnya.

Pemberian karpet merah, lanjut Helmy, agar sapi merasa lebih nyaman dan tidak stres sebelum disembelih. “Kalau nyaman, maka saat dipotong tidak rewel, dagingnya juga segar,” ucapnya.

Agar memberi kesan semakin fresh,  di kanan kiri karpet merah juga dihiasi bunga yang ditaruh dalam pot. “Lokasi penyembelihan juga dipenuhi dekorasi bernuansa bunga,” sambungnya.

Sementara terkait pembagian daging kurban, tambah Helmy, akan dikemas ke dalam 3.000 besek masing-masing berisi 1,5 Kg.

“Ribuan besek ini akan disebarkan kepada warga yang membutuhkan di beberapa lokasi, seperti Kelurahan Pagesangan hingga Gayungan Surabaya,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait Jokowi, Idul Adha