Daging Kurban, Khofifah: Pakai Besek Gerakkan Sektor UKM

KURBAN SAPI JAWA: Khofifah berkurban sapi jenis peranakan ongole seberat satu ton. | Barometerjatim.com/NATHA LINTANG
KURBAN SAPI JAWA: Khofifah berkurban sapi jenis peranakan ongole seberat satu ton. | Barometerjatim.com/MARJAN AP

SURABAYA, Barometerjatim.com –  Tak sekadar menyalurkan daging kurban, panitia di Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) juga mengajak masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan, yakni lewat penggunaan besek dan daun jati sebagai wadah pengemasan daging.

“Sebelumnya, masyarakat kan menggunakan plastik. Tahun ini menggunakan besek yang terbuat dari bambu dan daun jati yang ramah lingkungam,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi usai shalat Idul Adha di MAS, Minggu (11/8/2019).

Selain itu, tandas Khofifah, dengan menggunakan besek diharapkan bisa meningkatkan dan menggerakkan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk memproduksi besek lebih banyak lagi tahun depan.

Apalagi Khofifah mengaku kesulitan mencari besek tahun ini, karena untuk membungkus daging kurban di MAS saja setidaknya dibutuhkan tiga ribu tempat yang terbuat dari anyaman bambu bertutup berbentuk segi empat tersebut.

“Semoga dengan tradisi menggunakan besek untuk mengemas daging kurban, produksinya tahun depan dapat meningkat dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Selain pembagian daging kurban, menurut Khofifah, Idul Adha menjadi moment strategis untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt serta kesalehan sosial, salah satunya dengan berkurban hewan.

Dengan berkurban, kata Khofifah, juga menunjukkan kedermawanan seseorang. Apalagi daging kurban diberikan kepada siapapun yang membutuhkan, tidak harus seagama agama, sekelompok, maupun melihat asal usul daerah.

“Secara tidak langsung juga meningkatkan rasa persaudaraan, kesalehan dan solidaritas antarsesama secara substantif,” jelas Khofifah.

Pada Idul Adha tahun ini, panitia MAS menyalurkan hewan kurban sebanyak 30 ekor sapi dan 98 ekor kambing. Di antaranya satu sapi dari Presiden Joko Widodo dan Khofifah.

Sapi kurban milik Jokowi berjenis peranakan ongole atau biasa disebut Sapi Jawa seberat 1,080 ton. Sapi milik Khofifah juga berjenis sama berbobot satu ton, yang dibeli dari peternak Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan. Sapi ini tercatat sebagai juara kontes sapi Jatim 2018.

» Baca Berita Terkait Khofifah, Idul Adha