Sandiaga: Ada Getaran Warga Surabaya Ingin Wali Kota Muda

SOSOK MILENIAL: Gamal Albinsaid, dinilai Sandiaga Uno cocok penerus Risma. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SOSOK MILENIAL: Gamal Albinsaid, dinilai Sandiaga Uno cocok sebagai penerus Risma. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Selama 10 tahun, Tri Rismaharini alias Risma dinilai banyak kalangan sukses membangun Surabaya. Februari tahun depan era Risma berakhir, siapa sosok ideal penerusnya?

“Saya menangkap ada vibrasi (getaran) dan resonansi (dengungan) warga Surabaya menginginkan pemimpin milenial, pemimpin muda,” ucap mantan Cawapres 2019, Sandiaga Uno saat berkunjung ke Surabaya, Sabtu (1/2/2020).

Bagi pengusaha yang akrab disapa Sandi itu, dari pemimpin keibuan yang terpatri lewat Risma dengan segala cerita suksesnya, kini saatnya dilanjutkan dengan kepemimpinan yang lebih muda.

“Sesuai dengan demografi di Surabaya, sosok dokter Gamal (Albinsaid) ini mungkin menjadi satu harapan warga,” kata Sandiaga.

Meski sudah declare, hingga kini belum ada satupun Parpol yang memberikan rekomendasinya untuk Gamal. Dari hasil penjaringan di Gerindra pun, Gamal hanya menempati urutan keempat yang diusulkan ke DPP.

Masih di bawah Machfud Arifin (mantan Kapolda Jatim), Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans (tokoh muda Nahdlatul Ulama), serta Hariyanto (advokat).

Namun bagi Sandiaga, peta politik di Pilwali Surabaya 2020 masih sangat cair. Karena itu dia minta Gamal terus bergerak melakukan penyapaan ke masyarakat untuk meningkatkan elektabilitas.

“Jadi saya sampaikan ke beliau untuk terus turun, gaspol! Jangan kurangi kegiatan, masih sampai Juni kok. Masih masih banyak sekali yang bisa berubah, dalam politik ini sangat cair,” katanya.

Di sisi lain, berkembang spekulasi kalau Gamal akan dipasangkan Gerindra dengan Machfud Arifin yang hampir pasti diberi rekomendasi untuk bakal calon wali kota.

Apakah Sandiaga sudah ada pembicaraan dengan Machfud? “Saya kebetulan tetangga dengan Pak Machfud di Jakarta. Namun karena waktu Pilpres kemarin kita berbeda tugas, jadi belum sempat koordinasi,” katanya.

Tapi melalui Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Soepriyatno, Sandiaga mengaku sudah melakukan banyak pembicaraan. Meski demikian, semuanya masih menunggu apa yang menjadi harapan warga Surabaya, serta bisa disinergikan dengan apa yang menjadi kanalisasi dalam proses politik.

“Dan siapapun nanti yang diusung, tentunya diharapkan mampu untuk membawa Surabaya lebih baik lagi,” ujarnya.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya