Sampang Jebol! Seluruh Wilayah di Jatim Terjangkit Corona

SAMPANG MERAH: Emil Dardak, satu orang positif membuat Sampang berubah status jadi zona merah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SAMPANG MERAH: Emil Dardak, Sampang berubah status jadi zona merah Corona. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kabupaten Sampang tak kuasa menahan gempuran Corona (Covid-19). Berbulan-bulan bertahan di zona hijau, akhirnya jebol juga setelah satu warganya terkonfirmasi positif. Dengan demikian, seluruh wilayah (38 kabupaten/kota) di Jatim terjangkit virus mematikan tersebut.

“Ada satu kasus konfirmasi positif yang diumumkan di Kabupaten Sampang,” terang Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (12/5/2020) malam.

“Kita mendoakan tentunya, tetap upaya maksimal tidak akan kurang dari Kabupaten Sampang untuk tetap menjaga agar penyebaran ini bisa dimimalisir,” sambungnya.

Secara keseluruhan, di Jatim ada tambahan positif Corona sebanyak 115 kasus. “Yang di-declare, yang diumumkan. Jadi bukan yang dites pada hari ini,” terang Emil.

Dari 115 tambahan, 57 di antaranya dari Surabaya. Selebihnya menyebar di Sidoarjo (18), Kabupaten Probolinggo (11), Kota Pasuruan dan Nganjuk masing-masing 5, serta Lumajang dan Gresik masing-masing 4.

Kemudian di Jombang (3), Kabupaten Kediri (2), Batu, Kota Madiun, Sampang, Lamongan, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Madiun masing-masing 1.

“Maka total kasus positif se-Jatim mencapai 1.649, dengan jumlah warga yang dalam kondisi masih dirawat mencapai 1.213 (73.56 persen),” ucap Emil.

Lonjakan juga terjadi untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), naik menjadi 4.280 dan yang masih diawasi 1.919 (44.84 persen). Pun demikian dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP) naik menjadi 21.567 dan yang masih dipantau 4.298 (19,93 persen).

“(Lalu) yang berstatus OTG (Orang Tanpa Gejala), artinya tidak ada gejala medis sama sekali tetapi dalam pengawasan juga, karena potensi kaitan dengan sumber-sumber penyebaran ada 12.323,” jabar Emil.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona