Senin, 23 Mei 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Sah Calon Ketua Demokrat Jatim: Dukungan Bayu Airlangga Susut, Emil Dardak Tambah!

Berita Terkait

DIDUKUNG 25 SUARA: Bayu Airlangga (kiri) dan pendukungnya, sebut didukung 25 pemilik suara. | Data: Barometerjatim.com/ROY HS
DIDUKUNG 25 SUARA: Bayu Airlangga (kiri) dan pendukungnya, sebut didukung 25 pemilik suara. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Setelah melalui sejumlah sidang, Musyawarah Daerah (Musda) VI akhirnya mengesahkan Emil Elestianto Dardak dan Bayu Airlangga sebagai calon ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Kedua nama calon, selanjutnya akan mengikuti fit and proper test di DPP.

Alhamdulillah hari ini kita sudah menyelesaikan Musda dan menemukan hasilnya, dan alhamdulillah dukungan kita 25 DPC,” kata Bayu yang didampingi para pendukungnya usai Musda, Kamis (20/1/2022) malam.

Dukungan ini berarti menyusut enam, karena sebelum Musda kubu Bayu mengklaim mendapat dukungan 32 dari 38 DPC se-Jatim. Sedangkan total pemilik suara untuk mengusulkan calon yakni 40, terdiri dari 38 DPC serta 1 DPD dan 1 DPP.

Kendati dukungannya menyusut, Bayu yang juga anggota DPRD Jatim itu menilainya wajar. “Itu wajar dalam politik, tapi kita bersyukur bahwa kita solid, kita kompak, dan kita mayoritas,” tandasnya.

Namun Bayu enggan membeber soal visi-misinya andai terpilih sebagai ketua Demokrat Jatim. “Itu kan nanti,” katanya. Bocoran dong? “Oh, enggak boleh dibocorkan dong, ha.. ha..” sergahnya. “Yang pasti, kekuatan bersama ini untuk membesarkan partai.”

Kalau akhirnya terpilih, menantu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Soekarwo alias Pakde Karwo itu berjanji akan merangkul semuanya, tidak ada lagi kubu-kubuan.

“Ini kan proses Musda demokratis yang biasa lima tahunan kita lakukan. Mohon doanya semua, alhamdulillah Musda hari ini aman, kondusif, lancar, mudah-mudahan ini membawa keberkahan dan kebesaran bagi partai kita ke depan,” katanya.

Ketua SC Enggan Terbuka

TAK UNGKAP DUKUNGAN: Reno Zulkarnaen, enggan ungkap jumlah dukungan untuk Bayu dan Emil. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TAK UNGKAP DUKUNGAN: Reno Zulkarnaen, enggan ungkap jumlah dukungan untuk Bayu dan Emil. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Meski Bayu sudah menyebut didukung 25 DPC, Ketua Steering Committee (SC) Musda VI Demokat Jatim, Reno Zulkarnaen enggan mengungkap berapa dukungan untuk kedua calon yang disahkan dalam Musda.

“Yang melakukan varifikasi adalah tim BPOKK (Badan Pemenangan Organisasi Kaderisasi Keanggotaan), kita cuma menyampaikan bahwa maksimal tiga nama. Jadi seandainya hari ini ada tiga calon kandidat, ya tiga yang kita sampaikan, karena tahapannya sudah berlanjut ke proses hari ini bolanya ada di ketua umum, Sekjen, dan kepala BPOKK, (Tim 3)” katanya panjang lebar.

Jadi berapa yang mendukung Bayu? “Yang berhak menjawab BPOKK,” kata Reno. Yang mendukung Emil? “Lha ya yang berhak menjawab, yang memverifikasi secara faktual kan (BPOKK), karena SC tidak ikut di proses verifikasi faktual,” elaknya.

Reno hanya memastikan tidak ada pemilik suara yang abstain. “Alhamdulillah tidak ada, hasil verifikasi faktual utuh,” katanya, seraya menegaskan dalam verifikasi faktual juga tidak ada dukungan ganda.

Alhamdulillah semua guyub rukun, tadi dua kandidat, Mas Emil dan Mas Bayu foto bersama Sekjen, dilanjutkan foto dengan Herman Khaeron (kepala BPOKK),” ujarnya.

“Sehingga malam ini sudah selesai. Tidak ada lagi pendukung Emil, pendukung Bayu, semuanya adalah kader Demokrat Jatim,” tandas Reno yang juga ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim.

Hanya Sebut Dua Calon

DUKUNGAN BERTAMBAH: Emil Elestianto Dardak, jumlah dukungannya bertambah saat Musda. | Data: Barometerjatim.com/ROY HS
DUKUNGAN BERTAMBAH: Emil Elestianto Dardak, jumlah dukungannya bertambah saat Musda. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Bukan hanya Reno, Herman Khaeron saat menutup Musda juga tak menyebut berapa jumlah dukungan Bayu dan Emil. Dia hanya menandaskan kalau Musda dilaksanakan dengan baik, lancar, legitimate, dan bermartabat.

“Musda juga menghasilkan nama dua calon yang akan dikirimkan ke DPP Demokrat untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu fit and proper test yang salah satunya akan ditetapkan sebagai ketua Demokrat Jatim,” katanya.

“Adapun kedua nama itu adalah saudara Bayu Airlangga dan Emil Elestianto Dardak. Kami atas nama DPP mengucapkan selamat kepada dua calon, yang ini menjadi keputusan terbaik yang dikirim para pemilik suara di Jatim,” katanya.

Hanya saja, jika mengacu Bayu yang menyebut didukung 25 DPC dan total 40 suara sah utuh, itu artinya dukungan Emil bertambah dari semula kubunya mengklaim 12 menjadi 15 atau mendapat tiga dukungan tambahan.

» Baca berita terkait Demokrat. Baca juga tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -