RSUD dr Soetomo: Tak Benar Ada Perawat Kena Corona Kabur!

PASIEN TAK KABUR: Joni Wahyuhadi bersama Gubernur Khofifah di Grahadi Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PASIEN TAK KABUR: Joni Wahyuhadi bersama Gubernur Khofifah di Grahadi Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Dirut RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi menepis kabar yang menyebut ada perawat positif Corona (Covid-19) kabur dari rumah sakit milik Pemprov Jatim yang dipimpinnya tersebut.

“Tidak benar kalau melarikan diri, itu tidak benar. Kalau dia enggak masuk, iya,” katanya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (4/5/2020) malam.

“Tadi malam itu saya terkejut, ada berita pasien RSUD dr Soetomo melarikan diri bersama suami sirri-nya,” sambung Joni.

Dokter yang juga ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim itu lantas membeber kronologi soal pasien Covid-19 yang dikabarkan kabur tersebut.

“Jadi beliau itu memang pasien RSUD dr Soetomo, dan RSUD dr Soetomo melakukan screening pada seluruh pegawainya. Beliau itu pembantu perawat, bukan merawat pasien Covid-19,” ucapnya.

Setiap hari, pasien tersebut memang bolak balik dari Surabaya ke Pasuruan naik kendaraan umum. Kemudian screening dan hasil rapid test pertama kali positif. Dia juga tahu kalau hasil swab PCR-nya juga positif, terus tidak masuk.

Karena tidak masuk, pihak RSUD dr Soetomo kemudian mencari di rumah yang sering disinggahi tapi tidak ada. Begitu pula saat dicari Bangil ke keluarganya juga tidak ketemu.

Sekian waktu dicari lantas ketemu di Pasuruan dan dimasukkan ke rumah sakit swasta di sana. “Terus kita tawari, apakah mau dirawat di RSUD dr Soetomo. Dia bilang: Saya nggak sakit dok, tapi saya takut,” katanya.

“Jadi dia isolasi mandiri ternyata. Saya cuma tidak tanya isolasi mandirinya sama suami anunya (sirri) apa bukan, ndak tanya terus terang saja,” seloroh Joni.

Pasien tersebut akhirnya diperbolehkan isolasi mandiri, dan berjanji kalau sakit akan ke RSUD dr Soetomo untuk dirawat.

“Dia bilang begitu. Terus tiap hari kita pantau. Memang isolasi mandiri diperkenankan asal ruangnya memenuhi syarat,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona