Renville Benarkan soal Pergantian Ketua DPRD Lamongan

STRATEGI PARTAI: Renville Antonio, pergantian ketua DPRD Lamongan bagian dari strategi Partai Demokrat. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
STRATEGI PARTAI: Renville Antonio, pergantian ketua DPRD Lamongan bagian dari strategi menyeluruh Partai Demokrat. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Di saat pengurus DPC Partai Demokrat Lamongan enggan ‘buka suara’, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio membenarkan pihaknya mengirim surat persetujuan terkait pergantian ketua DPRD Kabupaten Lamongan.

“Iya, surat kami (DPD) itu menindaklanjuti keputusan DPP. Kalau sudah keputusan partai ya kami teruskan dan itupun tidak masalah. Saya rasa Pak Kaharuddin juga tidak keberatan dan sudah menjalin komunikasi dengan Mas Debby (Kurniawan),” terang Renville saat dihubungi Barometerjatim.com, Rabu (23/5).

Selain itu, tambah Renville, keputusan pergantian ketua DPRD Lamongan sudah melalui semua prosedur dan aturan perundang-undangan serta pertimbangan Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPD Demokrat Jatim, Fadeli. “Selain bupati Lamongan, beliau ini kan wakil ketua MPP,” jelasnya.

• Baca: Desas-desus Rotasi Ketua DPRD, Demokrat Lamongan ‘Bungkam’

Saat ditanya, apakah pergantian dilakukan karena Kaharuddin dinilai tidak optimal dalam memenangkan Cagub-Cawagub Jatim yang diusung Partai Demokrat, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Lamongan, Renville dengan tegas membantah.

“Oh, ndak, ndak! Pergantian ini murni bagian dari strategi partai saja, baik untuk kepentingan Pilkada provinsi, Pileg maupun Pilpres. Jadi strategi partai untuk keseluruhan, bahkan kepentingan Pilkada Lamongan mendatang,” katanya.

Anggota DPRD Jatim itu menambahkan, normal-normal saja pergantian dilakukan karena masing-masing Parpol juga punya strategi. Misalnya pergantian pimpinan komisi, ketua fraksi maupun pimpinan dewan.

• Baca: Penertiban APK, Renville: Hanya Bawaslu di Jatim yang Aneh

“Bahkan saat pencalegkan nanti kami sudah ada strateginya, siapa yang di DPR RI, provinsi maupun kabupaten. Ini strategi partai saja dan yang jelas kami mengikuti semua prosedur dan peraturan perundang-undangan,” tandasnya.

Politikus yang juga Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah-Emil tersebut juga berharap, setelah menjadi ketua DPRD Lamongan, Debby bisa lebih optimal dalam menjaga dan mengamankan pasangan Khofifah-Emil dari hal-hal yang tak diinginkan.

“Beliau ini (Debby) ketua DPC Partai Demokrat sekaligus ketua tim pemenangan Khofifah-Emil di Lamongan, selain tentu untuk kepentingan Pemilu dan Pilpres,” tandas Renville.

• Baca: Renville: Tak Ada Kontrak Emil Masuk Demokrat Jika Menang

Sebelumnya, pihak sekretariat DPRD Lamongan mengaku menerima surat dari DPD Partai Demokrat Jatim terkait pergantian ketua DPRD Lamongan. “Iya, betul, surat sudah kita terima kemarin. Tapi nomor suratnya berapa dan isi suratnya seperti apa, saya belum baca,” kata Sekretaris DPRD Lamongan, Aris Wibawa.

Inti dari surat No 18/DPD.PD/JATIM/II/ 2018 tertanggal 12 Februari 2018 yang ditandatangani Soekarwo (ketua) dan Renville Antonio (sekretaris) memberikan persetujuan atas permintaan DPC Lamongan terkait pergantian ketua DPRD.

Dalam surat permohonan pergantian jabatan ketua DPRD Lamongan yang kini dijabat Kaharuddin, diajukan pergantian kepada Debby Kurniawan yang kini menjabat ketua DPC Partai Demokrat Lamongan.