Relawan Khofifah di Pilgub Jatim Melebur Dukung Jokowi

ENERGI BARU: Deklarasi Barkod Jokowi di JX Internasional Surabaya, Jumat (9/11). Energi baru untuk pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
ENERGI BARU: Deklarasi Barkod Jokowi di JX Internasional Surabaya, Jumat (9/11). Energi baru untuk pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Energi Khofifah Indar Parawansa untuk memenangkan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 kian berlipat.

Setelah membidani kelahiran Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN), kini giliran relawannya di Pilgub Jatim 2018 meleburkan diri menjadi Barkod Jokowi (Barisan Komunitas Pendukung Jokowi).

Gubernur Jatim terpilih yang juga Ketum PP Muslimat NU itu, bahkan turut menghadiri deklarasi Barkod Jokowi yang dijubeli seribuan relawan di JX Internasional Surabaya, Jumat (9/11).

• Baca: Di Jawa Tengah, JKSN Dapat Dukungan dari Kiai Munif

Deklarasi dibacakan Ketua Umum Barkod Jokowi, KH Zahrul Azhar As’ad alias Gus Hans yang mantan juru bicara (Jubir) Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018.

Sejumlah tokoh pendukung Khofifah-Emil juga turut hadir. Di antaranya Arum Sabil, Haji Masnuh, KH M Roziqi hingga Ketua Bara JP (Barisan Jokowi Presiden) Jatim, Giyanto Wijaya.

“Saya menambah jaringan hari ini, dapat tambahan sangat banyak kawan. Ini sebagian besar kawan-kawan yang dulu berjejaring sebagai relawan saat Pilgub,” katanya usai deklarasi.

• Baca: Erick Thohir: Gerakan Tanpa Bola Khofifah Sangat Hebat

Bagi Khofifah, kehadiran Barkod Jokowi adalah energi baru yang diharapkan menjadi bagian dari penguatan pemenangan Jokowi-Ma’ruf yang jauh lebih signifikan dari kemenangan Pilgub Jatim 2018.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi resonansi bagi jaringan relawan lain, bagi gubernur-gubernur, bupati/walikota terpilih pada Pilkada serentak kemarin. Pasti mereka juga punya relawan yang cukup banyak,” ucapnya.

• Baca: Elemen Jokowi Masih Terpisah, Belum Satu Irama Gendang

“Relawan-relawan itu rasanya sangat banyak yang berseiring dengan irisan, afiliasi pada saat Pilpres yang akan datang,” tegasnya.

Afiliasi-afiliasi tersebut, lanjut Khofifah, kalau mereka bersinergi dalam sebuah kelembagaan akan memudahkan koordinasi. “Kemudian semangatnya lebih kuat, dan pasti secara programatik bisa lebih sistemik,” katanya.

Saling Menguatkan

BERSATU: Kekuatan Khofifah di Pilgub Jatim 2010 bersatu untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
BERSATU: Kekuatan Khofifah di Pilgub Jatim 2010 bersatu untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Apakah Barkod Jokowi akan bersinergi dengan JKSN? Menurut Khofifah keduanya akan saling menguatkan, karena kalau di JKSN lebih banyak dalam jaringan kiai dan santri.

“Kita waktu itu (saat deklarasi) menyebut jaringan. Kalau jaringan tidak harus kiai, tidak harus santri tapi jaringannya kiai, santri dan pesantren itu ada di JKSN,” ujarnya.

• Baca: Tokoh Muda NU: Prabowo Orang Baik yang Salah Pergaulan

Apalagi Khofifah melihat betapa banyak elemen yang juga punya minat, komitmen dan passion yang sama untuk membangun konsolidasi energi relawan dalam Pilpres 2019.

“Beberapa titik, mungkin beririsan, tetapi saya rasa ini akan saling menguatkan. Jadi kata kuncinya ini akan saling menguatkan,” pungkasnya.

» Baca Berita Terkait JKSN, Pilpres 2019, Khofifah