Di Jawa Tengah, JKSN Dapat Dukungan dari Kiai Munif

JKSN SOWAN KIAI MUNIF: KH Munif Zuhri (kanan) menyambut hangat kehadiran Dewan Pengarah JKSN, Khofifah Indar Parawansa. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
JKSN SOWAN KIAI MUNIF: KH Munif Zuhri (kanan) menyambut hangat kehadiran Dewan Pengarah JKSN, Khofifah dan rombongan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

DEMAK, Barometerjatim.com – Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) bergerak kian masif. Selama dua hari, 2-3 November 2018, elemen pendukung Joko Widodo-Kiai Ma’ruf tersebut ‘bergerilya’ di Jawa Tengah.

Selain melakukan konsolidasi untuk pendirian JKSN Jawa Tengah, juga bersilaturahim dengan sejumlah kiai kultural Nahdlatul Ulama (NU), di antaranya pengasuh Ponpes Girikusumo, Banyumeneng, Kabupaten Demak, KH Munif Zuhri.

Kehadiran rombongan JKSN yang pimpin Khofifah Indar Parawansa, disambut hangat Kiai Munif. Kiai sepuh yang dikenal alim dan arif di Jateng itu, kemudian menggelar pertemuan tertutup sekitar satu jam dengan Khofifah yang ditemani sejumlah pengurus JKSN.

• Baca: Usai Deklarasi di Malaysia, JKSN Sasar Jawa Tengah

Usai pertemuan tertutup, Ketua Umum JKSN, KH M Roziqi menuturkan, Kiai Munif mendukung penuh keberadaan jaringan ini. Termasuk mempersilakan jika JKSN Jateng akan dideklarasikan di pesantrennya.

“Beliau sangat respons terhadap keberadaan JKSN. Mudah-mudahan JKSN Jateng nanti akan berjalan dengan lancar dan baik,” katanya.

• Baca: Safari Politik di Mataraman, Khofifah-JKSN Dahului Prabowo

Ditanya adakah pesan khusus dari Kiai Munif terkait langkah JKSN, Kiai Roziqi menjelaskan, JKSN disebutnya merupakan jaringan yang bagus.

“Beliau merestui dan arahannya agar bergerak dengan cara-cara yang baik, santun, arif, bijak, jangan sampai antara relawan saling melemahkan dan saling menjelekkan,” jelasnya.

Persiapan JKSN Jateng

DIRESTUI KIAI MUNIF: Pengurus JKSN foto bersama KH Munif Zuhri di Ponpes Girikusumo, Banyumeneng, Demak, Jateng. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
DIRESTUI KIAI MUNIF: Pengurus JKSN foto bersama KH Munif Zuhri di Ponpes Girikusumo, Banyumeneng, Demak, Jateng. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Sebelumnya, JKSN pusat melakukan konsolidasi dengan calon pengurus JKSN Jateng di Hotel Metro Semarang. Acara konsolidasi diwarnai pengalungan serban warna putih serta penyematan pin JKSN tanda tekad memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

Pengalungan serban, secara simbolis dilakukan Kiai Roziqi kepada tiga kiai pengasuh Ponpes di Jawa Tengah. Yakni KH Hanif Ismail (Semarang), KH Abdul Halim (Wonosobo) dan KH Izzudin (Kendal).

• Baca: Erick Thohir: Gerakan Tanpa Bola Khofifah Sangat Hebat

JKSN Jateng digawangi sekitar 14 kiai pengasuh Ponpes yang masuk struktur kepengurusan. Di antaranya KH Sulton Syair (Batang), KH Rifai (Magelang) KH Zainuri (Salatiga) serta KH Ali Mansur (Grobogan).

Di luar struktur, sementara ini sudah sekitar 60 kiai pengasuh Ponpes di Jateng yang menyatakan dukungannya terhadap JKSN. “Selain itu otomatis di bawahnya kan banyak sekali santri,” kata Ketua JKSN Jateng, H Agus Sofwan Hadi.

» Baca Berita Terkait JKSN, Pilpres 2019, Jokowi-Ma’ruf Amin