Rel Ganda! Demokrat Bisa Raih 14 Kursi DPR RI dari Jatim

Renville Antonio (kanan) dan AHY, mainkan strategi rel ganda di Pemilu 2019. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
Renville Antonio (kanan) dan AHY, mainkan strategi rel ganda di Pemilu 2019. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

SURABAYA, Barometerjatim.com – Partai Demokrat Jatim optimis double track strategy alias strategi rel ganda yang dimainkan di Pemilu 2019, bakal berujung pemenuhan target kursi, bahkan lebih. Baik kursi di DPR RI maupun DPRD Jatim.

“Kalau DPR provinsi sebetulnya 18 kursi, dan insyaallah itu bisa tercapai. Bahkan mungkin bisa lebih, karena Mas AHY sering turun ke daerah. Ini memberikan kontribusi elektabilitas untuk Demokrat di Jatim,” kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio di Surabaya, Kamis (28/3/2019).

Begitu pula dengan target kursi DPR RI dari Jatim. “Untuk DPR RI, target kami 12. Tetapi, sepertinya sih bisa sampai 14 asal strateginya pas,” ujar politikus yang juga anggota DPRD Jatim tersebut.

“Dan posisi di tengah ini (strategi rel ganda) bagi kami di Jatim, menurut ketua DPD (Partai Demokrat Jatim, Soekarwo) dan kami pengurus sudah pas, karena ternyata masyarakat mendambahkan posisi yang di tengah,” sambungnya.

Artinya, lanjut Renville, siapapun presiden yang terpilih di Pilpres 2019, tetap Joko Widodo atau berganti ke Prabowo Subianto, yang penting programnya jelas.

“Dan yang menawarkan program hanya kami, Partai Demokrat. Kalau yang lain tidak ada, hanya menunjukkan calonnya saja. Jadi kami berterima kasih dengan strategi yang dibangun Ketum dan Kogasma, ini sudah paslah untuk kami di Jatim,” papar Renville.

Lewati Capaian 10,7 Persen

Sementara Komanda Kogasma, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berada di Surabaya, Rabu (27/3/2019) menuturkan, intinya Demokrat akan terus berjuang. Serendah-rendahnya suara yang dicapai di 2019, minimal dua digit, 10,17 persen seperti raihan di Pemilu 2014.

“Paling tidak serendah-rendahnya itu, tetapi perjuangan kami ingin mendapatkan lebih. Alhamdulillah di berbagai observasi, baik melalui survei maupun lapangan, ada sejumlah Dapil yang potensial,” ucapnya.

AHY mencontohkan Dapil Madura. Jika di Pemilu 2014 mendapat satu kursi, diharapan di Pemilu 2019 ini ada kenaikan satu kursi menjadi dua kursi untuk DPR RI.

“Dan beberapa derah lain di Jatim. Mudah-mudahan bisa kita wujudkan tapi perlu kerja keras,” tandas putra sulung Presiden ke-6 RI yang juga Ketum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. •

» Baca Berita Terkait Demokrat, Pemilu 2019