Punya 13! Golkar Target 17 Kursi DPRD Jatim di Pileg 2024

PUKUL GONG: Sarmuji membuka Rakerda dan Rapimda DPD Partai Golkar Jatim di Surabaya, Rabu (31/3/2021). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PUKUL GONG: Sarmuji membuka Rakerda dan Rapimda DPD Partai Golkar Jatim di Surabaya, Rabu (31/3/2021). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Mempunyai 13 kursi di DPRD Jatim bagi Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhammad Sarmuji belumlah cukup. Dia pun menargetkan penambahan empat kursi partainya menjadi 17 pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Hal itu dikatakan Sarmuji usai membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) DPD Partai Golkar Jatim di Hotal Singgasana, Surabaya, Rabu (31/3/2021).

“Kalau untuk Pemilu Legislatif, kita menargetkan ada penambahan kursi, sekurang-kurangnya ada tambahan empat dari 13 menjadi 17 kursi,” tegasnya.

Karena itu, lanjut Sarmuji, di Rakerda dan Rapimda kali ini Golkar akan melakukan pemetaan di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

“Nanti kita juga akan memetakan lagi, turun lagi, untuk melakukan analisis per Dapil dengan melibatkan kabupaten/kota lagi. Mungkin juga melibatkan fungsionaris untuk diterjunkan di Dapil-Dapil provinsi,” jelasnya.

Adakah daerah prioritas terkait target penambahan kursi? “Ya pasti! Jadi hasil pemetaan, ini kan kita akan sampaikan data statis dan anlisis data dinamis,” katanya.

Data statis, terang Sarmuji, menyangkut data hasil Pemilu 2019. Di antaranya terkait perolehan masing-masing partai seperti apa, mana partai yang sangat kuat di Dapil tersebut, serta Dapil yang masih perlu digenjot dengan tambahan data dinamis.

“Misalkan Tuban-Bojonegoro, apakah setelah kita mendapatkan bupati bisa menambah kursi dan sebagainya. Itu nanti kita analisis dengan peta statis dan peta dinamisnya,” ucapnya.

Penjabaran Rapimnas-Rakernas

TARGET TAMBAH 4 KURSI: Sarmuji, Golkar target 17 kursi DPRD Jatim pada Pileg 2024. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TARGET TAMBAH 4 KURSI: Sarmuji, Golkar target 17 kursi DPRD Jatim pada Pileg 2024. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Rakerda dan Rapimda Golkar sendiri, papar Sarmuji, merupakan ajang untuk menjabarkan dan mengimplementasikan hasil Rapimnas dan Rakernas yang baru selesai dilaksanakan di Jakarta.

“Karena Rapimnas dan Rekernas sudah mengambil keputusan beberapa program prioritas yang penting, yang perlu dijabarkan sampai ke tingkat kabupaten/kota,” katanya.

Misalnya tentang konsolidasi organisasi, strategi pemenangan, dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Karena itu, Golkar Jatim mengundang Golkar kabupaten/kota untuk menyosialisasikan sekaligus menjabarkan hasil Rakernas dan Rapimnas.

Hal ini dilakukan, ucap Sarmuji, untuk melakukan kesamaan visi, gerak, cara pandang, persepsi, supaya sama antara pengurus di provinsi dan kabupaten/kota.

“Kita sudah melakukan banyak tindakan, akivitas, dan kebijakan politk. Tentu ke depan harus selalu kita monitor, bagaimana dampaknya di masyarakat,” katanya.

“Kita juga harus menyamakan langkah apa yang harus kita tempuh, supaya apa yang diambil kebijakan di provinsi bisa juga dilakukan di tingkat kabupaten/kota dengan baik,” tuntas Sarmuji.

» Baca Berita Terkait Golkar Jatim