Pimpin IPHI Jatim, Emil Harap Ada Titik Terang Vaksin Corona

PELANTIKAN IPHI JATIM: Emil Elestianto Dardak dilantik sebagai IPHI Jatim 2020-2025. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PELANTIKAN IPHI JATIM: Emil Elestianto Dardak dilantik sebagai IPHI Jatim 2020-2025. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Emil Elestianto Dardak dilantik menjadi ketua Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jatim bersama pengurus periode 2020-2025.

Pelantikan dilakukan Ketua Umum IPHI, Ismed Hasan Putro di Islamic Center, Surabaya, Senin (28/12/2020) sore. Acara juga dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa selaku ketua Dewan Pembina IPHI Jatim.

Usai dilantik, sejumlah harapan disampaikan Emil. Salah satunya terkait kejelasan vaksinasi virus Corona (Covid-19) agar pelaksanaan ibadah haji bisa bergulir kembali di 2021.

“Kita berharap, semoga apabila vaksinasi menemukan titik terang, ini juga menjadi titik terang bagi berlanjutnya kembali ibadah haji bagi jamaah Indonesia. Bismillah, mudah-mudahan,” katanya.

Emil menambahkan, salah satu momen IPHI  yakni saat keberangkatan dan kepulangan haji. Tahun ini hal itu tidak bisa dilaksanakan, karena dunia dalam situasi pandemi Covid-19.

Namun melaksanakan penerimaan, bimbingan, penyuluhan, dan penerangan kepada calon jamaah haji atau prahaji maupun pascahaji, bukanlah satu-satunya yang bisa dilakukan IPHI mengingat potensi haji bisa di segala bidang.

Terlebih jika lihat struktur kepengurusan IPHI saat ini. “Kan banyak bidang ya, ada di bidang media, ekonomi, hukum, pendidikan, dan lain sebagainya,” katanya.

Karena itu, tandas Emil, dibutuhkan sinergi sesama persaudaraan haji. Dia yakin, banyak masalah di masyarakat yang bisa diselesaikan melalui persaudaraan tersebut.

“Jadi itu salah satu yang ingin kita lakukan, tentu dengan bimbingan dari Ibu Gubernur sebagai ketua Dewan Pembina IPHI Jatim,” ujarnya.

“Di sini penting sekali, karena tadi kata kuncinya potensi haji. Kalau ada ukhuwah, ada satu persaudaraan, maka akan ada sinergi,” sambungnya.

Kumpulkan Pengusaha Haji

PERSAUDARAAN HAJI: Khofifah bersama pengurus harian IPHI Jatim 2020-2025. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PERSAUDARAAN HAJI: Khofifah bersama pengurus harian IPHI Jatim 2020-2025. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Sementara itu Ketua Umum IPHI, Ismed Hasan Putro menuturkan, selain berkomitmen terus meningkatkan konteks haji mabrur, organisasi yang dipimpinnya juga akan terus melakukan penguatan ekonomi.

“Kami berniat mengumpulkan ribuan pengusaha haji di Indonesia untuk bisa membangkitkan ekonomi ummat, khususnya anggota IPHI,” ucap Ismed.

Sedangkan Khofifah menuturkan, perlu penguatan institusi dalam melaksanakan program lima tahun ke depan. Salah satunya yakni menyiapkan Key Performance Indicator (KPI) demi menjaga kemabruran.

Dia juga meminta IPHI mentranformasikan proses membangun kesabaran dan ukhuwah saat kembali ke Tanah Air. “Tugas IPHI menurut saya tidak ringan,” katanya.

Makanya, Khofifah berharap Emil bersama pengurus IPHI Jatim yang baru dilantik bisa menyatukan gerakan dakwah. “Sehingga memberi manfaat besar bagi internal dan antarumat beragama,” ucapnya.

SUSUNAN PENGURUS: Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) 2020-2025. | Grafis: Barometerjatim.com
SUSUNAN PENGURUS: Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) 2020-2025. | Grafis: Barometerjatim.com

» Baca Berita Terkait Emil Dardak