Pilkada 2020, Gerindra Buka Penjaringan Mulai 25 Oktober

PENJARINGAN: Firdaus (di mimbar), Gerindra buka penjaringan mulai 25 Oktober. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
PENJARINGAN: Firdaus (di mimbar), Gerindra buka penjaringan mulai 25 Oktober. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Mulai 25 Oktober 2019, Partai Gerindra akan membuka penjaringan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah untuk diusung di Pilkada serentak 2020.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Achmad Firdaus Febriyanto saat memberikan materi dalam acara Pendidikan Politik DPD Gerindra Jatim di Hotel Grand Mahkota, Lamongan, Minggu (20/10/2019).

“Proses penjaringan calon kepala daerah ini sesuai instruksi pimpinan partai pada Rakernas Partai Gerindra di Hambalang, Bogor beberapa waktu lalu. Penjaringan akan dimulai 25 Oktober dan ditutup 15 November 2019,” jelasnya.

Namun Gerindra Jatim, tandas Firdaus,  masih menunggu petunjuk teknis soal pelaksanaan penjaringan. “Kalau terkait waktu pelaksanaannya insyaallah tidak ada perubahan,” ucapnya.

Sementara ditanya terkait salah seorang Bacabup di Lamongan yang memakai logo Gerindra di alat peraga sosialisasinya, menurut Firdaus, untuk saat ini partainya tak mempermasalahkan.

“Tapi jika nanti partai sudah mengeluarkan rekomendasi siapa Cabup-Cawabup yang diusung, semua harus patuh. Termasuk pihak-pihak yang mencantumkan logo Partai Gerindra pada baliho atau spanduk mereka,” tandasnya.

Rancang Koalisi Besar

Khusus di Lamongan, Gerindra bermodal empat kursi DPRD hasil Pileg 2019. Itu artinya Parpol besutan Prabowo Subianto tersebut tidak bisa mengusung pasangan calon sendiri alias harus berkoalisi.

Meski demikian, Ketua DPC Partai Gerindra Lamongan, Tsalist Fahami menyebut sejumlah tokoh dan Bacabup sudah berkunjung ke kantor DPC untuk membangun komunikasi politik.

Bahkan Tsalist mengklaim sudah ada empat kandidat yang bersilaturahim. Namun mantan wakil bupati Lamongan itu enggan mengungkap siapa keempat kandidat yang dimaksud.

“Saya juga dikontak beberapa petinggi partai untuk membicarakan koalisi besar menghadapi Pilkada,” klaimnya lagi.

» Baca Berita Terkait Pilbup Lamongan, Gerindra