Pemanasan 2024! Billboard Puan Mulai Bertebaran di Surabaya

PEMANASAN PILPRES 2024: Billboard bergambar Puan Maharani terpasang di sejumlah titik di Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PEMANASAN PILPRES 2024: Billboard bergambar Puan Maharani terpasang di sejumlah titik di Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sejumlah billboard bergambar Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani terpasang di berbagai daerah di Jatim.

Di Surabaya, billboard bertuliskan “Mbak Puan” disertai quote Bung Karno “Barang siapa ingin mutiara harus berani terjun di lautan yang dalam” terpasang di sejumlah titik strategis.

Mulai di Jalan Raya Pasar Kembang, Dukuh Kupang, Gunung Sari, Jemur Handayani, Karah Agung, Menur Pumpungan, hingga Kendang Sari.

Pengamat politik asal Universitas Trunojoyo (UTM) Madura, Surokim Abdussalam menilai, munculnya billboard Puan pertanda pemanasan menuju Pilpres 2024. Billboard Puan juga sejalan dengan pernyataan elite PDIP yang ingin mengusung Puan.

“Saya menganggapnya sebagai pemanasan dan ekspansi basis dukungan agar lebih dekat dengan pemilih nasional. Ya semacam penguatan untuk kampanye udara,” kata Surokim, Sabtu, (12/06/2021).

“Upaya itu juga bisa dibaca sebagai ikhtiar untuk menguatkan basis dukungan internal di basis-basis PDIP,” sambungnya.

Puan dan PDIP, lanjut Surokim, memang sudah waktunya melakukan ekspansi basis dukungan. Tidak lagi sekadar mengandalkan Jateng yang menjadi basis konstituennya. Sebab, Jatim dan Jabar yang secara demografis sangat menentukan juga perlu diperhatikan dan diperkuat.

“Mbak Puan ini sekarang kan medan kontestasinya nasional, jadi sudah waktunya ekspansi basis dukungan,” kata Surokim yang juga peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC).

“Daerah-daerah yang punya basis pendukung PDIP kuat seperti Surabaya, harus juga menjadi perhatian agar kian dikenal, disukai, dan akan membentuk elektabilitasnya.”

Dalam banyak hal, kata Surokim, Puan  memiliki modal yang tidak dimiliki semua politisi, seperti darah biru Bung Karno. Namun dalam konteks pemilihan langsung, Puan membutuhkan popularitas dan elektabilitas yang memadai.

“Dalam konteks Pemilu langsung kekinian, publik yang kian kritis juga menuntut Mbak Puan terlihat smart dan menjadi komunikator publik yang andal,” katanya.

Karena itu, Puan perlu meningkatkan kapasitas, kompetensi komunikasi publiknya, dan yang paling penting menjadi media darling agar modal gen darah biru menjadi komplemen dari kapasitas politiknya sebagai tokoh nasional.

“Kian banyak baliho muncul tentu publik akan kian tahu tentang Mbak Puan dan kiprahnya, minimal bisa mematik rasa ingin tahu publik (curiosity) serta menguatkan nama beliau di benak pemilih non PDIP,” paparnya.

“Sebagai kader genuine PDIP dan memiliki trah darah biru, saya pikir potensi Mbak Puan tetap kuat untuk ke 2024,” tuntas Surokim.

» Baca Berita Terkait Pilpres 2024