Senin, 23 Mei 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

PDIP Tolak Penundaan Pemilu 2024, Pengamat: Bikin Gembos Barisan Pengusul!

Berita Terkait

BIKIN GEMBOS: Surokim Abdussalam, penolakan PDIP akan bikin gembos barisan pengusul penundaan Pemilu 2024. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
GEMBOS: Surokim Abdussalam, penolakan PDIP bikin gembos barisan pengusul Pemilu 2024 ditunda. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pengamat Politik yang juga Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam menilai penolakan PDIP terhadap penundaan Pemilu 2024 bakal membuat gembos barisan pengusul.

“Akan bikin gembos barisan pengusul, serta akan memberi insentif elektoral untuk PDIP dan disinsentif elektoral partai partai dan tokoh pengusul,” katanya, Rabu (2/3/2022).

Sikap PDIP yang tegas ini, lanjut Surokim, patut diapresiasi agar angin usulan penundaan Pemilu 2024 tidak menguat.

“Sikap PDIP menjadi penting dan menentukan, karena memegang mayoritas kursi di DPR. Sekaligus kian menguatkan citra PDIP sebagai partai yang peka terhadap aspirasi masyarakat, karena arus bawah juga tidak menghendaki penundaan Pemilu,” paparnya.

Bagi Surokim, PDIP telah memposisikan sikap yang tepat sekaligus bisa mendudukkan posisinya sebagai partai pengawal demokrasi agar tetap on the track.

“Sikap PDIP layak diapresiasi dan elegan dalam manuver elite politik kali ini. PDIP telah bermain cerdas dan mengembangkan nalar politik sehat sesuai harapan masyarakat,” katanya.

“Pembajak-pembajak demokrasi akan gembos dengan sendirinya dan akan putar balik dengan malu-malu,” tandas pengamat yang juga Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura (UTM) tersebut.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani secara tegas menolak penundaan Pemilu 2024 seperti yang diwacanakan sejumlah ketua umum partai politik dan menteri.

“Pemilu sudah ditetapkan oleh pemerintah, DPR, KPU, dan disetujui oleh semua fraksi, fraksi itu artinya partai, bahwa akan diadakan pada 14 Februari 2024. Hari Valentine, Hari Kasih Sayang,” katanya di kantor DPC PDIP Surabaya, Selasa (1/3/2022) malam.

“Kenapa sih harus Hari Kasih Sayang? Waktu itu saya juga tanya, kenapa ya harus Hari Valentine? Ya supaya insyaallah Pemilu itu bisa berjalan damai seperti Hari Valentine, Hari Kasih Sayang,” ucap Puan.

Seperti diketahui, usulan penundaan Pemilu 2024 digaungkan Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar. Lalu diikuti Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan diamini Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia. Sedangkan Parpol penolak, selain PDIP ada Nasdem dan Gerindra.

» Baca berita terkait Pemilu 2024. Baca juga tulisan terukur lainnya Abdillah HR.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -