PDIP Jatim: Pakde Karwo Terbentur Aturan Kemendagri

KONSOLIDASI: Rapat konsolidasi partai-partai politik pengusung Jokowi-Ma’ruf di kantor DPD PDIP Jatim, Surabaya, Rabu (5/9). | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG
KONSOLIDASI: Rapat konsolidasi partai-partai politik pengusung Jokowi-Ma’ruf di kantor DPD PDIP Jatim, Surabaya, Rabu (5/9). | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG

SURABAYA, Barometerjatim.com – Gubernur Jatim, Soekarwo menjadi satu dari empat nama yang diusulkan Parpol pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin untuk ketua tim pemenangan wilayah Jawa Timur.

Namun Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi menegaskan, Soekarwo yang juga ketua DPD Partai Demokrat Jatim jika dipilih dan bersedia maka akan terbentur aturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kepala daerah tidak boleh menjadi ketua tim kampanye atau timses, otomatis nama Pakde Karwo gugur dengan sendirinya. Tapi nama Pakde Karwo diusulkan sejumlah Parpol koalisi,” kata Kusnadi.

• Baca: Kiai Ma’ruf Minta Dukungan ke Ponpes Sunan Drajat Lamongan

Usulan tersebut terlontar dalam rapat konsolidasi partai-partai politik pengusung Jokowi-Ma’ruf di kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari, Surabaya, Rabu (5/9).

Sedangkan tiga nama lainnya, yakni mantan Gubernur Jatim Imam Utomo, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, serta mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan. “Jadi sekarang ada tiga kandidat ketua tim,” ucapnya.

Kusnadi menambahkan, melihat kekompakan Parpol koalisi, Kusnadi optimistis Jokowi-Ma’ruf akan mengulang sukses Pilpres 2014 dengan menempatkan Jatim menjadi salah satu penentu kemenangan Jokowi yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla.

• Baca: Ditemani Cak Imin, Kiai Ma’ruf Roadshow ke Pesantren Jatim

“Kami yakin banget bisa menang lagi, karena kerja Pak Jokowi kan sudah terbukti,” katanya. “Kita juga sudah siapkan sosialisasi berbagai hasil kerja Pak Jokowi di Jatim lewat kampanye #JatimJokowiLagi yang sudah mulai jalan,” sambungnya.

Selain itu, tambah Kusnadi, sejumlah strategi besar disepakati dalam rangka pemenangan Jokowi-Ma’ruf serta susunan tim kampanye. “Kita bekerja sangat terstruktur. Nanti teknis strateginya akan diturunkan sampai tingkat anak ranting partai di desa-desa, bahkan sampai lingkup RT/RW,” paparnya.

Terkait susunan tim kampanye, beber Kusnadi, di Jatim ada sekitar 150 hingga 160 orang. Terdiri dari dewan pengarah, dewan penasihat, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan direktur-direktur.

• Baca: ‘Resep’ BMI untuk Kemenangan Prabowo: Tirulah Gaya SBY!

Sementara Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari menambahkan, seluruh ketua Parpol koalisi akan menjadi wakil ketua tim kampanye Jokowi-Ma’ruf di Jatim.

“Pada 7 September nanti, nama ketua tim pemenangan di Jatim dan seluruh struktur di bawahnya sudah diputuskan, lalu dilaporkan ke tim kampanye nasional serta tentu ke penyelenggara Pemilu,” tandas Untari.