Pasien Melonjak 400%, APD di RSLKI Justru Mulai Menipis!

RSLKI MINIM APD: Dokter Nalendra, jumlah pasien melonjak RS Lapangan mulai minim APD. | Foto: OutlookIndia.com
RSLKI MINIM APD: Dokter Nalendra, jumlah pasien Covid-19 melonjak RS Lapangan mulai minim APD. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Di tengah pasien Covid-19 melonjak hingga 400 persen, stok Alat Pelindung Diri (APD) di Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II Indrapura (RSLKI) Surabaya justru mulai menipis.

“APD kita sudah mulai menipis ya. Dulu kan bantuan cukup banyak, lha yang kita butuhkan adalah APD-APD, karena sekarang rasanya memberi bantuan APD itu mulai kendur,” terang Kepala RSLKI, Laksma dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Selasa (24/11/2020) sore.

Apakah kendurnya pemberi bantuan APD tersebut karena donatur merasa Covid-19 di Jatim sudah melandai?

“Saya enggak berani komentar itu. Terus terang ya dulu waktu di bulan Juni, Juli, Agustus itu luar biasa, bantuannya banyak sekali. Sekarang kan sudah mulai melandai (bantuan),” katanya.

Memang, tandas Nalendra, selama Oktober hingga pertengahan November pasien Covid-19 masih rendah. Tapi dampak dari libuan panjang, dua minggu kemudian muncul klaster-klaster dan jumlahnya tidak sedikit.

“Saya tidak ngomong Surabaya, tidak ngomong Jatim, tapi saya ngomong by data yang ada di rumah sakit ini,” ucapnya.

Tak Hanya Butuh Masker

BUTUH BANTUAN APD: RS Lapangan, butuh bantuan APD di tengah pasien Covid-19 yang melonjak. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BUTUH BANTUAN APD: RS Lapangan, butuh bantuan APD di tengah pasien Covid-19 yang melonjak. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Lantas, tinggal berapa pieces APD yang tersedia? Nalendra mengaku tidak tahu pasti karena angka persisnya ada di tim farmasi.

“Tapi kalau ini tidak kita dapat lagi, ya kita kan beli, terus berarti kan anggaran lagi. Kalau kita dari dermawan kan bisa kita manfaatkan untuk banyak lah,” katanya.

Apalagi perawat kerjanya di dalam RS. Begitu pula dokter saat melakukan evaluasi, belum lagi cleaning service saat bersih-bersih. “Itu butuhnya banyak sekali,” katanya.

Karena itu, Nalendra berharap bantuan APD berdatangan lagi agar pihaknya bisa bekerja semaksimal mungkin, serta tenaga kesehatan maupun tenaga kerja di RSLKI bisa terhindari dari terpapar Covid-19.

“Harapannya kalau memang ada bantuan ya dalam bentuk APD, dan ya memang kita butuhkan APD tidak hanya masker, juga face shield karena penularannya ini melalui udara kan,” katanya.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona