Orang Dekat Gus Dur Yakin Khofifah Dukung Gus Hans

Haji Masnuh, yakin Khofifah dukung Gus Hans di Pilwali Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/roy hasibuan

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tak hanya Barikade Gus Dur, orang dekat Gus Dur, Haji Masnuh juga mendukung KH Zahrul Azhar As’ad alias Gus Hans maju sebagai calon wali kota di Pilwali Surabaya 2020.

“Saya 100 persen mendukung Gus Hans. Saya tidak ragu lagi, karena di Jatim ternyata ada mutiara dari Jombang. Mutiara ini perlu digosok sampai mengkilat, sehingga mengeluarkan cahaya yang bagus,” kata Masnuh saat diwawancarai Barometerjatim.com, Rabu (6/2/2019).

Bagi Masnuh, Gus Hans, kiai muda pengasuh Pondok Pesantern (Ponpes) Queen Al Azhar Darul Ulum Jombang itu adalah pilihan tepat untuk memimpin Surabaya pasca Tri Rismaharini.

“Ya punya kapasitas, ya pemikirannya modern, ya santri, ya pinter, ya ganteng. Pokoknya komplet! Jadi saya sama sekali tidak meragukan kemampuan Gus Hans,” ucap pengusaha sukses asal Sidoarjo tersebut.

Masnuh juga yakin Gubernur Jatim terpilih 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa akan memberi restu dan mendukung Gus Hans untuk running di Pilwali Surabaya 2020. “Saya yakin Bu Khofifah akan memberikan dukungan,” katanya.

“Walaupun Bu Khofifah belum mengucapkannya, tapi saya yakin. Dari isyarat Bu Khofifah, saya yakin beliau akan mendukung Gus Hans di Pilwali Surabaya,” sambungnya.

Bagaimana dengan kandidat lain yang berpotensi menjadi calon kuat, bahkan namanya sudah menghiasi hasil survei sejumlah lembaga?

“Gak ada urusan! Kalau Gus Hans dicalonkan, apalagi yang mencalonkan masyarakat dan didukung Bu Khofifah, saya yakin Gus Hans akan menjadi wali kota Surabaya berikutnya,” tandas Masnuh.

Faktor Khofifah

Gus Hans (kiri), dinilai miliki kemampuan komplet untuk pimpin Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/roy hasibuan
Gus Hans (kiri), dinilai miliki kemampuan komplet untuk pimpin Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/roy hasibuan

Sebelumnya, sejumlah pengamat menilai Pilwali Surabaya 2020 bakal dipengaruhi faktor Khofifah, mengingat perempuan yang juga ketua umum PP Muslimat NU tersebut terbukti memiliki basis konstituen yang kuat.

“Faktor dalam artian, pada Pilgub Jatim kemarin kekuatan politik Bu Khofifah sangat kelihatan, terutama di kalangan emak-emak dan milenial,” kata Pengamat Politik asal Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Airlangga Pribadi Kusman.

“Tentu kandidat representasi dari kekuatan Bu Khofifah ini yang sekarang ditunggu,” tambah pengamat yang juga CEO The Initiative Institute itu.

Hal sama ditegaskan Surochim Abdussalam meyakini, pengamat politik asal Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

“Jika dukungan Bu Khofifah semakin terbuka dan diketahui publik, maka potensi (calon yang didukung) mendapat insentif elektoral semakin kuat,” ujarnya.•

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya, Gus Hans