Kunjungi Banyuwangi, KSAD Dudung Motivasi Ribuan Santri

| -
Kunjungi Banyuwangi, KSAD Dudung Motivasi Ribuan Santri
BERTEMU SANTRI: KASAD Dudung Abdurachman bertemu ribuan santri Pesantren Mabadiul Ihsan. | Foto: Barometerjatim.com/IST

BANYUWANGI | Barometer Jatim – Di tengah kunjungan kerjanya ke Kabupaten Banyuwangi, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman menyempatkan diri untuk bertemu ribuan santri Pesantren Mabadiul Ihsan, Kecamatan Tegalsari, pada Rabu (23/8/2023). Ia memotivasi para penuntut ilmu itu untuk menggapai cita-cita.

“Menjadi santri tidak boleh minder. Harus punya cita-cita tinggi. Saya dulu pernah menjadi santri. Sekarang bisa menjadi KSAD. Pak Anas juga santri sekarang juga bisa jadi menteri,” ungkap Jenderal Dudung sembari menyebut latar kesantrian Menpan RB Abdullah Azwar Anas yang juga hadir dalam pertemuan itu.

Menurutnya, santri merupakan warga negara yang memiliki kontribusi besar bagi bagi bangsa Indonesia. Sejak zaman perjuangan hingga saat ini. Oleh karena itu, ia mendorong kepada para santri untuk bisa bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

| Baca juga:

“Paling tidak santri ini akhlaknya sudah terbentuk. Apalagi jika sampai hafal Qur'an, jangan semua, sepuluh juz saja, dah merem saya, langsung,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jenderal Dudung juga berbagi tips untuk meraih sukses. Menurutnya, capaiannya sampai sejauh ini, tidak bisa terbilang mudah. Sejak di bangku SMP, ia telah ditinggal wafat ayahnya. Sehingga ia harus berdagang sejak kecil.

“Ada tiga resep sukses yang telah saya buktikan. Pertama, lupakan masa lalu. Harus optimis memandang masa depan. Kedua, lakukan segala sesuatu secara optimal. Dan, yang ketiga, cita-cita harus diperjuangkan,” paparnya.

Di pertemuan tersebut, tidak hanya dihadiri oleh para santri. Tampak pula Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama sejumlah tokoh agama lintas iman. Hadir KH Zainullah Marwan, KH Suyuthi Thoha, KH Muwafiq Amir, KH Toha Muntoha dan lain sebagainya.

| Baca juga:

Bupati Ipuk berterima kasih atas kehadiran orang nomor satu di lingkungan TNI Angkatan Darat itu. Ia mengharapkan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan TNI terus bisa ditingkatkan.

“Saya ucapkan terima kasih banyak atas kontribusi dan sinergitas TNI di Banyuwangi. Dalam menjaga ketahanan dan keamanan daerah hingga ikut serta memberdayakan masyarakat,” ujar Ipuk.

Ipuk berharap hal tersebut dapat dilanjutkan dalam program-program yang strategis lainnya ke depan. “Sehingga dapat memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat,” pungkasnya.{*}

| Baca berita Banyuwangi. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.