Ironis! Desa Tak Jauh dari SPAM Umbulan Alami Kekeringan, Anwar Sadad ke Pemprov Jatim: Segera Dropping Air Bersih

| -
Ironis! Desa Tak Jauh dari SPAM Umbulan Alami Kekeringan, Anwar Sadad ke Pemprov Jatim: Segera Dropping Air Bersih
RESES: Anwar Sadad, reses di Dapil terima keluhan dari warga soal kekeringan. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA, Barometer Jatim – Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anwar Sadad (Gus Sadad) menerima sejumlah keluhan dari warga saat menggelar reses di Daerah Pemiliha (Dapil)-nya, Jatim 3 (Pasuruan-Probolinggo). Terbanyak soal ancaman kekeringan.

"Keluhan terbanyak dari warga, yakni ancaman kekeringan di beberapa desa di beberapa kecamatan di Pasuruan bagian timur,” kata Sadad dalam keterangannya, Selasa (18/7/2023).

Keluhan warga, tandas politikus yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Jatim tersebut, memasuki musim kemarau ini rata-rata terkait akses ke sumber mata air.

"Ada warga yang mengeluh terlalu jauh dari sumber mata air, ada juga yang sumber mata airnya terganggu," ungkapnya.

Bahkan, Sadad mendapat keluhan dari warga yangt kesulitan mendapat air bersih meski tinggal dekat Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan.

| Baca juga:

"Ironisnya, kekeringan juga dialami warga desa yang terletak tak terlalu jauh dari Umbulan. Ada beberapa desa di kecamatan Winongan yang lokasinya hanya beberapa kilometer dari mata air Umbulan juga mengalami kekeringan, seperti di desa Sruwi dan desa Sumberrejo," bebernya.

Karena itu, Sadad meminta agar Pemprov Jatim melalui BPBD Jatim segera melakukan dropping air bersih ke wilayah Pasuruan yang mengalami kekeringan.

"Yang langganan kekeringan tiap tahun itu Kecamatan Lumbang. Saya minta Pemprov lewat BPBD Jatim segera men-dropping air bersih ke wilayah-wilayah tersebut," pintanya.

Selain itu, Sadad minta warga proaktif melaporkan ke call center BPBD kabupaten terdekat agar segera mendapat bantuan air bersih. “Karena pemerintah wajib hadir membantu warga saat mereka kesulitan, terutama di masa kemarau ini," ucapnya.{*}

| Baca berita DPRD Jatim. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.